Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Baik, Obat Antibodi Ganda Efektif Melawan Varian Virus Corona

Kompas.com - 23/06/2021, 10:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Studi baru obat antibodi ganda yang dilakukan pada hewan memberikan kabar baik. Obat ini menunjukkan bukti efektif dalam melawan varian virus corona.

Di tengah merajalelanya Covid-19 varian baru, dunia kian khawatir akan efektivitas obat dan vaksin yang tengah dikembangkan saat ini.

Namun, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (23/6/2021), terapi Covid-19 dengan menggunakan campuran dua jenis obat antibodi menunjukkan efektivitas dalam melawan berbagai varian virus corona.

Penelitian ini dilakukan para peneliti Fakultas Kedokteran di Washington University di St. Louis yang diujikan pada tikus dan hamster.

Obat antibodi telah sering digunakan sejak awal pandemi virus corona.

Baca juga: Obat Antibodi Ganda Diklaim Jadi Terapi Ampuh Obati Covid-19

 

Salah satunya, obat antibodi yang pernah digunakan untuk terapi pengobatan Covid-19 yang dialami mantan presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Donald Trump, saat terinfeksi virus corona pada Oktober 2020 lalu diberi terapi pengobatan dengan menggunakan cocktail antibodi yang dikembangkan oleh Regeneron Pharmaceuticals.

Dalam studi terbaru ini, peneliti menguji obat antibodi ganda dan obat antibodi tunggal pada tiga dari empat varian virus corona yang telah ditetapkan sebagai Variant of Concern (VOC) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Di antaranya adalah varian Alpha yang kali pertama teridentifikasi di Inggris, varian Beta dari Afrika Selatan dan varian Gamma yang ditemukan di Brasil. Selain itu juga, varian berbahaya yang ditemukan di India, yakni varian Delta yang juga berstatus VOC.

Sebelumnya, badan pengawas obat dan makanan AS (FDA) pada April lalu telah mencabut izin penggunaan darurat dari obat terapi antibodi tunggal produksi Eli Lilly, Bamlanivimab.

Baca juga: Positif Covid-19, Donald Trump Diberi Cocktail Antibodi Regeneron, Apa Itu?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com