Kompas.com - 22/06/2021, 19:03 WIB
Ilustrasi Hidroksiklorokuin dan azitromisin. Kedua obat ini disebut dapat digunakan untuk mengobati virus corona penyebab Covid-19 SHUTTERSTOCK/SOMEMEANSIlustrasi Hidroksiklorokuin dan azitromisin. Kedua obat ini disebut dapat digunakan untuk mengobati virus corona penyebab Covid-19


KOMPAS.com- Hingga kini belum ada obat Covid-19 untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus corona. Namun, WHO telah memberi beberapa rekomendasi obat untuk terapi pasien Covid-19.

Covid-19 adalah penyakit baru yang dihadapi masyarakat dunia. Penularan virus corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit ini juga kian masif, sementara vaksin yang ada juga masih terus diberikan. Angka kesakitan di dunia juga terus meningkat, tak terkecuali di Indonesia.

Berbagai daerah mulai menghadapi lonjakan kasus Covid-19 yang nyaris melumpuhkan sistem kesehatan setempat.

Di tengah peningkatan kasus positif Covid-19, pengobatan atau obat yang diberikan juga belum secara spesifik menargetkan penyakit ini.

Belum ada obat khusus untuk Covid-19, namun ada beberapa jenis obat yang diberikan sebagai terapi pengobatan untuk pasien Covid-19 yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca juga: Obat Ivermectin, Disarankan WHO untuk Terapi Covid-19 Hanya dalam Uji Klinis

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, WHO memberikan beberapa rekomendasi tentang penggunaan terapi pengobatan bagi pasien Covid-19. Sebab, Covid-19 sebagai penyakit baru, belum ada obat spesifik yang tersedia.

Lantas, apa saja obat untuk pasien Covid-19 yang direkomendasikan WHO?

Ada beberapa jenis obat terapi Covid-19 yang disarankan WHO, terdiri dari obat rekomendasi kuat hingga rekomendasi bersyarat.

1. Obat kortikosteroid

Obat untuk pasien Covid-19 ini adalah salah satu rekomendasi kuat dari WHO. Salah satu obat kortikosteroid ini adalah dexamethasone atau deksametason.

Dexamethasone adalah obat antiinflamasi yang kuat, yang dapat mengurangi durasi penggunaan ventilator dan mengurangi keparahan Covid-19.

Halaman:


Sumber WHO
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X