Kompas.com - 21/06/2021, 20:08 WIB

KOMPAS.com - Vaksin Covid-19 sudah mulai banyak diberikan untuk masyarakat umum di Indonesia. Namun, banyak yang ragu untuk menerima dosis vaksin karena takut akan efek samping yang mungkin ditimbulkan.

Efek samping vaksin timbul karena sistem imun tubuh aktif bekerja untuk membentuk pertahanan tubuh. Sistem imun akan membentuk antibodi yang membuat tubuh kita memiliki pertahanan jika suatu saat terkena virus SARS-CoV-2.

Efek samping vaksin Covid-19 yang sering muncul adalah gejala-gejala umum. Efek sampingnya antara lain nyeri dan pegal pada lengan yang di suntik, pusing, mual, menggigil, dan demam. Namun normalnya efek samping akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 1 sampai 3 hari setelah vaksin.

Baca juga: Efek Samping Vaksin Covid-19 dan Cara Mengatasinya

Dilansir dari Eating Well, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah efek samping setelah melakukan vaksin Covid-19. Berikut langkah-langkahnya.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dan jangan begadang sehari sebelum vaksin akan membuat tubuh Anda fit. Dengan kondisi tubuh yang optimal, ini akan meminimalisir timbulnya efek samping.

Selain itu, pastikan Anda tidak ada agenda atau pekerjaan penting hingga dua hari setelah jadwal vaksin. Ini akan memberi tubuh Anda waktu untuk beristirahat cukup supaya mampu membnetuk antibodi yang baik untuk virus Covid-19.

Baca juga: Kenapa Vaksin Covid-19 Menyebabkan Efek Samping? Begini Kata Ahli

Minum air putih yang banyak

Memenuhi kebutuhan cairan harian Anda memang hal yang sederhana. Namun ini terbukti efektif untuk mencegah timbulnya gejala yang tidak diinginkan. Minumlah air putih yang cukup sejak sebelum berangkat menuju lokasi vaksin hingga setidaknya dua hari setelah vaksin.

Kompres dingin

Untuk mengurangi rasa sakit dan bengka pada lengan yang disuntik, Anda bisa mengompresnya dengan kompres dingin.

Anda bisa menggunakan handuk kecil yang dicelupkan ke air dingin kemudian ditempelkan ke lengan yang habis disuntik selama beberapa menit.

Aktif bergerak

Sebelum dan setelah vaksin memang dianjurkan untuk banyak beristirahat. Namun, bukan berarti Anda tidak bergerak sama sekali.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Sumber eatingwell
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.