Kompas.com - 23/06/2021, 14:05 WIB
Ilustrasi vitamin untuk daya tahan tubuh freepikIlustrasi vitamin untuk daya tahan tubuh

KOMPAS.com - Saat ini cuaca sedang tidak menentu. Selain itu, pandemi Covid-19 semakin mengganas karena varian baru lebih mudah menular. Selain taat protokol kesehatan, yang bisa kita lakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

Ada berbagai cara meningkatkan daya tahan tubuh, seperti olahraga teratur dan istirahat yang cukup. Cara yang tidak kalah penting adalah mengonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh. Berikut daftar vitamin yang harus Anda konsumsi.

Vitamin C

Vitamin C sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C mampu mencegah dan memperpendek durasi sakit seseorang. Memenuhi kebutuhan harian vitamin C sangat penting karena tubuh Anda tidak bisa memproduksinya sendiri atau menyimpannya.

Sumber vitamin C yang baik yang bisa Anda konsumsi antara lain brokoli, jeruk, bayam, stroberi, kale, dan pepaya. Vitamin ini banyak terkandung di berbagai sayur dan buah, sehingga Anda tidak perlu repot untuk mengonsumsi suplemen tambahan.

Baca juga: 5 Manfaat Vitamin C yang Sangat Penting, Bisa Atasi Diabetes

Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan penyakit. Vitamin E banyak terkandung pada tanaman yang mengandung lemak tinggi. Beberapa makanan sumber vitamin E antara lain kacang almond, kacang tanah, biji bunga matahari, dan berbagai minyak nabati.

Baca juga: Manfaat Vitamin E untuk Kulit Wajah dan Cara Menggunakannya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Vitamin A

Vitamin A ternyata tidak hanya bermanfaat untuk mata, namun juga untuk daya tahan tubuh. Vitamin A banyak terkandung dalam makana dalam dua bentuk, preformed vitamin A dan provitamin A.

Preformed vitamin A banyak terkandung di dalam sumber hewani. Jenis vitamin ini perlu diolah lebih lanjut oleh tubuh untuk mendapatkan manfaatnya. Contoh makanan yang mengandung vitamin A tinggi antara lain ikan tuna, daging, dan susu.

Sedangkan jenis kedua, yaitu provitamin A, dapat langsung digunakan oleh tubuh. Provitamin A juga disebut dengan karotenoid. Provitamin A banyak terkandung di buah-buahan dan sayur-sayuran.

Biasanya bahan yang mengandung karotenoid akan berwarna-warni. Beberapa sayur dan buah yang mengandung vitamin A tinggi adalah wortel, ubi, labu, melon, dan sayuran berwarna hijau tua.

Baca juga: 9 Makanan yang Mengandung Vitamin A, Tidak Hanya Wortel

Vitamin D

Vitamin D juga merupakan vitamin untuk daya tahan tubuh. Berbeda dengan vitamin lainnya, vitamin D mungkin membutuhkan suplemen tambahan daripada sekedar mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

Vitamin D hanya bisa diproses dengan baik oleh tubuh jika Anda mendapatkan sinar matahari yang cukup. Sebaiknya lengkapi konsumsi vitamin D Anda dengan berjemur.

Namun, Anda tetap bisa memaksimalkan efek vitamin D dengan mengonsumsi berbagai ikan laut seperti ikan tuna dan sarden. Selain itu, susu dan jeruk juga mengandung vitamin D yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: Manfaat Vitamin A bagi Tubuh, Bisa Mengobati Jerawat

Semua vitamin yang telah dibahas di atas sama pentingnya untuk daya tahan tubuh. Masing-masing memiliki mekanisme kerja yang berbeda dan saling melengkapi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Maka dari itu penting untuk memenuhi kebutuhan keempat vitamin tersebut setiap hari.

Demikian vitamin untuk daya tahan tubuh agar tubuh Anda siap menghadapi berbagai kondisi yang tidak menentuk akhir-akhir ini. Semoga sehat selalu, ya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.