Kompas.com - 23/06/2021, 13:04 WIB
Ilustrasi bahagia karena hormon dopamin Seva Levitsky-freepikIlustrasi bahagia karena hormon dopamin

KOMPAS.comDopamin adalah salah satu hormon yang berfungsi sebagai neurotransmitter. Ini merupakan komponen kimiawi yang meneruskan informasi antar sel saraf.

Dopamin memegang peranan ketika kita merasakan perasaan senang, karena inilah hormon ini sering disebut hormon bahagia. Selain itu hormon ini juga berfungsi untuk fokus. Sehingga bisa membantu manusia untuk berpikir dan membuat rencana.

Hormon ini biasanya diproduksi ketika kita melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti makan makanan kesukaan, melakukan hobi, atau mengobrol dengan keluarga dan teman.

Jika seseorang kekurangan hormon bahagia, seseorang akan merasa kurang motivasi dan menurunkan rasa antusias terhadap kejadian di sekitarnya.

Dopamin secara natural diproduksi oleh sistem saraf pusat. Namun, ada beberapa cara untuk meningkatkan kadar dopamin dalam darah agar Anda bisa mendapatkan manfaat dari hormon ini.

Baca juga: Apa Itu Hormon, Penjelasan Dan Fungsinya

Makan banyak protein

Protein tersusun dari molekul kecil yang bernama asam amino. Terdapat 23 macam jenis asam amino dan kebanyakan hanya bisa didapatkan dari makanan. Salah satunya adalah tirosin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tirosin adalah salah satu asam amino yang bisa diubah oleh tubuh menjadi dopamin. Maka dari itu, memiliki kadar tirosin dalam darah akan meningkatkan kadar dopamin.

Tirosin banyak ditemukan dalam makan yang mengandung protein tinggi. Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi antara lain ayam, daging sapi, telur, susu, dan kacang-kacangan.

Kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh

Lemak jenuh bisa menghambat sinyal dopamin ke otak jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Lemak jenuh banyak terkandung dalam mentega, minyak palm dan minyak kelapa.

Konsumsi probiotik

Sudah banyak penelitian yang dilakukan dan menunjukkan bahwa terdapat kaitan antara saluran pencernaan yang sehat dengan fungsi otak. Bahkan saluran pencernaan sering disebut sebagai ‘otak kedua’ karena memiliki banyak sekali sel saraf dan memberikan banyak sinyal hormon, termasuk hormon bahagia ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.