Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latihan Pernapasan Ini Bisa Kembalikan Fungsi Paru Pasca Covid-19

Kompas.com - 20/06/2021, 16:07 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu gejala yang ditimbulkan saat terinfeksi Covid-19 adalah napas menjadi pendek dan mudah lelah. Bahkan gejala ini menjadi salah satu gejala long covid, yaitu gejala yang masih dirasakan pasien yang telah dinyatakan negatif Covid-19.

Hal ini dikarenakan virus SARS-CoV-2 menyerang tubuh manusia terutama pada paru-paru dan sistem pernapasan. Efek yang ditimbulkan pada paru-paru bisa ringan hingga berat, seperti acute respiratory distress syndrome (ARDS).

Mengembalikan fungsi paru-paru sampai kembali normal mungkin dilakukan. Namun, proses ini tidak akan mudah dan perlu dilakukan selama beberapa bulan.

Olahraga sangat penting dilakukan saat terinfeksi Covid-19 serta untuk masa penyembuhan setelah dinyatakan negatif. Olahraga bisa membantu seseorang lebih sehat, mengurangi gejala napas pendek, menambah kekuatan otot, mengurangi stress, dan menambah energi.

Baca juga: 12 Gejala Long Covid, dari Kehilangan Indra Penciuman hingga Diabetes

Namun, karena fungsi paru-paru yang menurun, pasien perlu hati-hati memilih olahraga yang cukup bagi paru-paru pasien tanpa membebani organ pernapasan. Salah satunya adalah dengan latihan pernapasan.

Latihan pernapasan adalah olahraga yang cukup ringan dan bisa dilakukan oleh pasien Covid-19 maupun yang telah dinyatakan negatif. Olahraga ini bermanfaat untuk meningkatkan fungsi diafragma dan meningkatkan kapasitas paru. Selain itu, latihan pernapasan juga bisa mengurangi stress dan membuat tidur lebih nyenyak.

Dilansir dari Johns Hopkins Medicine, berikut langkah latihan pernapasan yang bisa Anda lakukan.

Baca juga: Efektivitas Vaksin Covid-19 Melawan Virus Corona Varian Delta

Latihan pernapasan

Pertama-tama, posisikan diri tidur terlentang dengan menekuk lutut sehingga telapak kaki menapak pada kasur. Letakkan tangan Anda di atas perut Anda. Tutup mulut Anda dan letakkan lidah berasa di langit-langit mulut.

Tarik napas dalam melalui hidung, dan rasakan perut Anda mengembang setiap Anda menarik napas. Buang napas perlahan melalui hidung. Ulangi napas seperti itu selama satu menit.

Setelah Anda mampu melakukan langkah di atas, coba ulangi latihan tersebut dalam beberapa posisi lainnya, yaitu tengkurap, duduk tegak, dan berdiri.

Jika Anda telah merasa nyaman melakukan empat posisi latihan pernapasan tersebut, Anda sudah bisa mulai melakukan olahraga seperti biasa, dimulai dari olahraga yang ringa terlebih dahulu.

Hentikan latihan jika alami gejala berikut

Kondisi paru yang terkena Covid-19 bisa menurun drastis. Perhatikan kondisi paru Anda, jangan sampai latihan yang Anda lakukan membebani paru Anda.

Segera hentikan latihan jika Anda merasa pusing, napas lebih pendek dari biasanya, nyeri pada dada, keringan dingin, lelah, dan jantung berdebar kencang. Segera beristirahat dari latihan pernapasan untuk mengurangi gejala yang Anda rasakan.

Baca juga: Kondisi Pandemi Covid-19 di Indonesia Mengkhawatirkan, Ini 5 Rekomendasi Organisasi Profesi Dokter

Jika setelah beristirahat beberapa saat, gejala tidak kunjung reda, segera hubungi dokter atau datang ke unit gawat darurat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com