Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2021, 18:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comAsam lambung naik bisa menyerang kapan saja dan kepada siapa saja. Asam lambung naik bisa disebabkan karena telat makan, memakan makanan yang asam dan pedas, stress, hingga kelelahan.

Idealnya, untuk mengatasi asam lambung naik, Anda harus mengubah pola makan dan meminum obat untuk menurunkan asam lambung, seperti antasida.

Namun, terlalu sering mengonsumsi obat-obatan bisa memnibulkan efek samping yang kurang baik untuk tubuh Anda.

Dilansir dari Health Line, berikut adalah obat herbal untuk asam lambung naik.

Baca juga: 3 Obat Asam Lambung yang Bisa Dibeli Tanpa Resep

Teh chamomile

Teh chamomile dikenal sebagai minuman yang mampu mengurangi kecemasan dan baik untuk orang yang mengalami gangguan tidur. Teh herbal ini juga mampu mengurangi asam lambung dan meredakan rasa kembung pada perut.

Selain itu, chamomile juga mengandung efek antiinflamasi yang mampu meredakan nyeri yang ditimbulkan akibat asam lambung.

Jahe

Jahe dikenal sebagai salah satu herbal yang paling baik untuk segala gangguan pencernaan. Jahe bisa memberikan kehangatan bagi perut Anda dan mengurangi gejala seperti kembung, perut bergas, dan asam lambung naik.

Anda bisa mengonsumsi jahe dengan berbagai cara, seperti merebus jahe dan meminum airnya, atau cara yang lebih praktis seperti makan permen jahe. Anda bisa memilih cara yang paling nyaman bagi Anda.

Baca juga: Halo Prof! Makan Apa di Malam Hari agar Asam Lambung Tidak Kambuh?

Air lemon

Air lemon bersifat basa dan mampu menetralisir asam lambung. Larutkan satu sendok makan air lemon ke dalam segelas air hangat dan minum sebelum makan.

Namun, Anda perlu hati-hati karena air lemon bisa mengikis permukaan enamel gigi dan menyebabkan gigi menjadi rapuh. Untuk melindungi gigi Anda, kumur dengan air putih setiap Anda selesai mengonsumsi air lemon.

Adas

Adas atau fennel memiliki efek antispasmodic yang bisa meredakan berbagai gangguan percernaan, seperti keram perut, mual, dan kembung. Anda bisa merebus setengah sendok teh biji adas dengan segelas air, lalu meminum airnya.

Kayu manis

Kayu manis mampu membantu menetralisir asam lambung naik yang menyebabkan perih di lambung atau kembung. Anda bisa menyeduh kayu manis batang atau kayu manis bubuk ke dalam segelas air hangat dan meminumnya ketika Anda merasa kembung.

Baca juga: Kenali Penyebab Asam Lambung Tinggi dan Cara Mengobatinya

Kapan ke dokter

Beberapa obat herbal untuk asam lambung naik bisa mengatasi masalah sementara waktu. Jika masalah asam lambung Anda tidak kunjung mereda, apalagi menimbulkan gejala-gejala berat, sebaiknya Anda segera ke dokter. Waspada jika Anda mengalami kehilangan berat badan, muntah, kehilangan nafsu makan, dan tinja berwarna hitam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com