Kompas.com - 26/05/2021, 21:05 WIB
dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK
Dokter Spesialis Gizi Klinik 
RS Pondok Indah ? Pondok Indah RS Pondok Indahdr. Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Pondok Indah ? Pondok Indah

KOMPAS.com - Penyakit asam lambung adalah penyakit yang gampang-gampang susah untuk disembuhnya. Pasalnya, penyakit ini membutuhkan pengaturan gaya hidup, termasuk pola dan waktu makan.

Hal inilah yang dialami oleh Adhi Eka, seorang pembaca Kompas.com yang mengirimkan pertanyaanya ke rubrik Halo Prof!:

"Dengan hormat, halo Dok, saya Adhi usia 34 tahun. Begini Dok, saya ada riwayat asam lambung yang terkadang timbul dan hilang selama beberapa tahun terakhir. Pertanyaan saya, makanan apa yang dapat saya makan di malam hari saat lapar tanpa membuat asam lambung saya kambuh? Terima kasih, Dok."

Pertanyaan ini dijawab langsung oleh dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RS Pondok Indah – Pondok Indah. Berikut paparannya:

Baca juga: Kenali Penyebab Asam Lambung Tinggi dan Cara Mengobatinya

Terima kasih atas pertanyaannya, Bapak Adhi Eka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada dasarnya setiap makanan yang kita makan akan menyebabkan keluarnya asam lambung. Asam lambung ini sangat dibutuhkan dalam proses pencernaan makanan yang kita makan saat berada di lambung. Namun demikian pada sebagian orang, produksi asam lambung lebih banyak dari yang dibutuhkan.

Sebenarnya, produksi asam lambung tidak hanya dipengaruhi oleh makanan, namun juga oleh faktor lain seperti kondisi psikis Bapak.

Stres merupakan faktor penting yang paling banyak memengaruhi produksi asam lambung, karenanya memastikan diri mampu mengendalikan stres merupakan upaya yang sangat penting agar keluhan yang berhubungan dengan asam lambung tidak berulang terjadi.

Pengendalian keluhan yang berkaitan dengan produksi asam lambung terutama pada malam hari berkaitan dengan tiga hal penting, yaitu:

Baca juga: Daftar Makanan untuk Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

1. Waktu makan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.