Kompas.com - 03/06/2021, 16:02 WIB
Ilustrasi mukormikosis. Usai Covid-19, seorang pria di India terinfeksi mukormikosis yang disebabkan oleh jamur hitam. Penyakit ini menyerang daerah mata. Shutterstock/stockpexelIlustrasi mukormikosis. Usai Covid-19, seorang pria di India terinfeksi mukormikosis yang disebabkan oleh jamur hitam. Penyakit ini menyerang daerah mata.

KOMPAS.com - Ahli menegaskan istilah infeksi jamur hitam atau black fungus tidak tepat untuk menyebutkan kasus mukormikosis yang belum lama ini ramai diperbincangkan diderita pasien Covid-19 di India.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Pokja Bidang Mikosis Paru Pusat Mikosis Paru FKUI/RS Persahabatn, Dr dr Anna Rozaliyani MBiomed, SpP(K) dalam Konferensi Pers bertajuk "Black Fungi pada Pasien Covid-19: Apa yang Perlu Kita Waspadai?" pada Kamis (3/6/2021).

"Black fungus pada kasus mukormikosis merupakan istilah yang tidak tepat," kata Anna.

Sebagai informasi, setelah kasus Covid-19 terus melonjak dan menyebabkan tsunami Covid-19 di India. Masyarakat negara tersebut dikabarkan juga terinfeksi jamur hitam (black fungus).

Baca juga: Studi: Infeksi Jamur Hitam Banyak Diderita Pria dan Penderita Diabetes

Pada 22 Mei 2021, jumlah orang India yang terinfeksi jamur hitam atau mukormikosis ada 185 orang. Hingga pada 1 Juni 2021, jumlahnya telah mencapai lebih dari 11.000 kasus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belum selesai dengan infeksi jamur hitam, pemerintah India mengumumkan adanya wabah lain, yakni infeksi jamur putih dan kuning.

Apa itu infeksi mukormikosis?

Mukormikosis adalah infeksi jamur sistemik yang disebabkan oleh jamur golongan Mucormycetes seperti Rhizopus spp, Mucor spp, Rhizomucor spp, Cunninghamella bertholletiae, Apophysomyces spp, dan Lichteimia.

"Istilah black fungus tidak tepat karena Mucormycetes bukanlah kelompok jamur hitam (Dematiaceae), walaupun jamur ini menyebabkan kelainan jaringan berwarna kehitaman (black eschar)," tegas Anna.

Menurut Anna, istilah infeksi jamur putih, kuning dan hitam kurang tepat dan menimbulkan kerancunan.

Ini karena istilah infeksi jamur putih atau kuning terkadang dikaitkan dengan infeksi jamur golongan Aspergillus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.