Kompas.com - 03/06/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi obat sakit kepala freepikIlustrasi obat sakit kepala

KOMPAS.comSakit kepala adalah sakit yang terdengar ringan namun bisa Jika Anda mengalami sakit kepala, obat pertama yang akan direkomendasikan untuk menyembuhkan sakit kepala adalah obat anti nyeri. Namun obat anti nyeri sangat banyak jenisnya.

Salah satu obat yang banyak digunakan untuk obat sakit kepala adalah obat anti inflamasi non steroid (OAINS). Obat ini mampu mengurangi gejala nyeri pada banyak kasus dengan resiko atau efek samping yang minim, dibandingkan dengan golongan obat lainnya.

Normalnya, tubuh akan mengeluarkan enzim siklooksigenase-1 (COX-1) dan siklooksigenase-2 (COX-2) yang memicu produksi hormon prostaglandin.

Hormon ini akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa terdapat rangsang atau trauma dan akan memicu reaksi inflamasi pada bagian tubuh yang mengirim sinyal. Reaksi dari otak yang memicu inflamasi akan menyebabkan rasa sakit pada daerah yang mengirim sinyal.

Mekanisme kerja obat golongan OAINS umumnya hampir mirip. Obat akan bekerja untuk menghalangi enzim COX-1 dan COX-2 untuk mengirimkan sinyal ke otak. Perbedaaannya nanti akan berada pada selektivitasnya terhadap kedua enzim ini.

Obat ini dianggap lebih aman karena memiliki sifat protektif terhadap permukaan sistem pencernaan. Dilansir dari WebMD, berikut pilihan obat sakit kepala yang bisa Anda konsumsi dan bisa dibeli di apotek tanpa resep.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Sakit Kepala dengan Mudah dan Cepat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aspirin

Aspirin adalah obat dari golongan OAINS. Obat ini umum digunakan pada sakit kepala dengan intensitas ringan sampai berat. Namun, obat ini bisa menimbulkan efek samping seperti nyeri lambung, perdarahan usus, bronkospasme, dan reaksi alergi.

Obat ini tidak boleh diberikan pada anak berusia kurang dri 19 tahun karena terdapat potensi untuk terkena Reye’s syndrome. Ini merupakan kondisi neurologis. Selain itu, aspirin tidak boleh dikonsumsi lebih dari dua kali dalam seminggu.

Acetaminophen (Parasetamol)

Obat ini adalah obat analgesik yang paling umum dan ringan. Obat ini dijual bebas di apotek, bahkan bisa dengan mudah ditemukan di minimarket.

Parasetamol bisa dikonsumsi tanpa resep dokter. Obat ini mampu meredakan sakit kepala ringan hingga sedang. Dosis paracetamol untuk orang dewasa adalah 1 tablet 500 miligram yang diminum setiap 6 jam sekali.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X