Kompas.com - 27/05/2021, 19:03 WIB
Ilustrasi pasien virus corona, pasien Covid-19 SHUTTERSTOCK/FunKey FactoryIlustrasi pasien virus corona, pasien Covid-19

KOMPAS.com - Sebuah penelitian kecil menunjukkan, pria dengan kadar testosteron rendah mungkin lebih mungkin terkena Covid-19 yang parah, sebuah penelitian kecil menunjukkan.

Analisis sebelumnya menemukan bahwa pria cenderung mengembangkan Covid-19 yang lebih parah dibandingkan dengan wanita, tetapi tidak jelas mengapa.

Rata-rata, pria menghasilkan tingkat testosteron yang jauh lebih tinggi daripada wanita.

Satu teori menyatakan, kadar testosteron yang tinggi dapat menyebabkan pria mengalami keadaan yang lebih buruk daripada wanita saat terinfeksi Covid-19.
Namun temuan studi baru membantah hipotesis itu.

Baca juga: Studi: Infeksi Jamur Hitam Banyak Diderita Pria dan Penderita Diabetes

Dilansir dari Live Science, Kamis (26/5/2021), untuk memahami hubungan antara testosteron dan tingkat keparahan Covid-19, para peneliti mengumpulkan sampel darah dari 90 pria dan 62 wanita yang mengunjungi Rumah Sakit Barnes-Jewish di St. Louis.

Semua responden dinyatakan positif Covid-19 dan disertai gejala terinfeksi virus corona SARS-CoV-2. Dari pasien tersebut, 143 dirawat di rumah sakit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peneliti mengambil sampel darah dari pasien yang masih dirawat di rumah sakit pada hari ketiga, ketujuh, ke-14, dan ke-28.

Para peneliti kemudian mengukur kadar testosteron pasien, suatu bentuk estrogen yang dikenal sebagai estradiol dan hormon pertumbuhan yang dikenal sebagai insulin-like growth factor-1 (IGF-1).

Pada wanita, tidak ada hubungan antara tingkat keparahan Covid-19 dan kadar hormon apa pun yang diukur.

Pada pria, tingkat IGF-1 dan estrogen tidak memprediksi tingkat keparahan penyakit, tetapi kadar testosteron yang memprediksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.