Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pria dengan Testosteron Rendah Berpeluang Idap Covid-19 Parah

KOMPAS.com - Sebuah penelitian kecil menunjukkan, pria dengan kadar testosteron rendah mungkin lebih mungkin terkena Covid-19 yang parah, sebuah penelitian kecil menunjukkan.

Analisis sebelumnya menemukan bahwa pria cenderung mengembangkan Covid-19 yang lebih parah dibandingkan dengan wanita, tetapi tidak jelas mengapa.

Rata-rata, pria menghasilkan tingkat testosteron yang jauh lebih tinggi daripada wanita.

Satu teori menyatakan, kadar testosteron yang tinggi dapat menyebabkan pria mengalami keadaan yang lebih buruk daripada wanita saat terinfeksi Covid-19.
Namun temuan studi baru membantah hipotesis itu.

Dilansir dari Live Science, Kamis (26/5/2021), untuk memahami hubungan antara testosteron dan tingkat keparahan Covid-19, para peneliti mengumpulkan sampel darah dari 90 pria dan 62 wanita yang mengunjungi Rumah Sakit Barnes-Jewish di St. Louis.

Semua responden dinyatakan positif Covid-19 dan disertai gejala terinfeksi virus corona SARS-CoV-2. Dari pasien tersebut, 143 dirawat di rumah sakit.

Peneliti mengambil sampel darah dari pasien yang masih dirawat di rumah sakit pada hari ketiga, ketujuh, ke-14, dan ke-28.

Para peneliti kemudian mengukur kadar testosteron pasien, suatu bentuk estrogen yang dikenal sebagai estradiol dan hormon pertumbuhan yang dikenal sebagai insulin-like growth factor-1 (IGF-1).

Pada wanita, tidak ada hubungan antara tingkat keparahan Covid-19 dan kadar hormon apa pun yang diukur.

Pada pria, tingkat IGF-1 dan estrogen tidak memprediksi tingkat keparahan penyakit, tetapi kadar testosteron yang memprediksi.

Ketika dirawat di rumah sakit, pria dengan Covid-19 parah memiliki tingkat testosteron rata-rata 52 nanogram per desiliter (250 nanogram per desiliter atau dianggap testosteron rendah pada pria dewasa).

Sedangkan mereka dengan penyakit yang tidak terlalu parah memiliki rata-rata 151 nanogram per desiliter testosteron.

Para peneliti mengatakan, ada faktor risiko lain yang terkait Covid-19 parah termasuk usia, BMI, penyakit penyerta, merokok, dan ras.

Beberapa faktor tersebut juga terkait dengan kadar testosteron yang lebih rendah.

Pada hari ketiga rawat inap, tingkat kadar testosteron pria dengan Covid-19 parah turun menjadi 19 nanogram per desiliter.

Sebanyak 37 dari pasien yang dirawat meninggal selama penelitian, 25 adalah laki-laki.

Kadar testosteron yang lebih rendah pada pria juga dikaitkan dengan tingkat peradangan yang lebih tinggi dalam tubuh.

"Orang-orang dengan Covid-19 yang awalnya tidak sakit parah, tetapi memiliki kadar testosteron rendah. Kemungkinan besar membutuhkan perawatan intensif atau intubasi selama dua atau tiga hari ke depan," penulis utama Dr. Sandeep Dhindsa, ahli endokrinologi di Saint Louis University.

"Tingkat testosteron yang lebih rendah tampaknya memprediksi pasien mana yang kemungkinan besar akan menjadi sangat sakit selama beberapa hari mendatang."

Tim tersebut juga menemukan bahwa, pada pria dengan kadar testosteron yang lebih rendah, beberapa gen diaktifkan yang memudahkan tubuh untuk menggunakan hormon tersebut.

Tetapi para peneliti belum tahu apa implikasi dari adaptasi itu bagi tubuh dan tingkat keparahan penyakit.

Ada hal yang masih menjadi tanda tanya bagi para ahli. Apakah Covid-19 yang parah menyebabkan kadar testosteron turun atau kadar testosteron rendah yang menyebabkan Covid-19 parah.

Dokter belum mengukur kadar testosteron pada pasien ini sebelum mereka sakit.

"Kemungkinan kadar testosteron mereka sudah turun pada saat mereka tiba di rumah sakit karena Covid-19," kata ahli dalam laporannya.

Tetapi ada juga kemungkinan bahwa pria yang mengembangkan Covid-19 parah memiliki kadar testosteron yang lebih rendah dari rata-rata sebelum mereka sakit, yang mungkin mengakibatkan penurunan massa dan kekuatan otot, dan dengan demikian kapasitas paru-paru yang lebih rendah dan risiko yang lebih tinggi memerlukan ventilator.

Data menunjukkan bahwa "kehati-hatian harus dilakukan" dengan perawatan terapi hormon yang mengurangi kadar testosteron atau meningkatkan kadar estrogen untuk pria dengan Covid-19.

Mereka sekarang berharap untuk menyelidiki apakah ada hubungan antara hormon seks ini dan masalah kardiovaskular pada orang yang mengembangkan gejala Covid-19, yang juga dikenal sebagai "Long Covid," menurut pernyataan itu.

Penemuan ini dipublikasikan pada 25 Mei 2021 di jurnal JAMA Network Open.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/05/27/190300323/pria-dengan-testosteron-rendah-berpeluang-idap-covid-19-parah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke