Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persentase Angka Kematian Covid-19 Indonesia Naik, Ini Analisis Ahli

Kompas.com - 17/05/2021, 17:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- Baru-baru ini, persentase angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan. Data per 15 Mei 2021, menunjukkan angka kematian Covid-19 sebesar 2,76 persen.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menegaskan kenaikan angka kematian ini harus dijadikan evaluasi penanganan kasus Covid-19 di tingkat nasional maupun daerah, seperti diberitakan Kompas.com, Minggu (16/5/2021).

"Persentase kematian kita mengalami peningkatan dalam beberapa minggu terakhir ini. Tolong setiap daerah mencermati kembali kemudian melakukan evaluasi dan mempelajari kenapa terjadi kenaikan kematian," kata Doni dalam rapat koordinasi penanganan Covid-19 yang digelar secara virtual.

Apabila dibandingkan dengan angka kematian pada 5 Februari lalu, persentase kematian Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan. Pada 5 Februari lalu persentase kematian akibat Covid-19 di Indonesia mencapai 2,75 persen.

Baca juga: Kematian Covid-19 Tertinggi Selama Pandemi, Rumah Sakit Penuh Berkontribusi

 

Untuk mengetahui penyebab persentase angka kematian Covid-19 yang naik di Indonesia, Doni meminta agar setiap daerah merinci penyebab tingginya kasus kematian tersebut.

Menanggapi hal ini epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan bahwa angka kematian Covid-19 di Indonesia sejak awal sudah stabil tinggi.

"Kematian itu indikator telat, artinya sebetulnya kalau terjadi, ini berarti ada kebobolan di deteksinya, di sistem penemuan kasusnya," kata Dicky saat dihubungi Kompas.com, Senin (17/5/2021).

Dicky menjelaskan penemuan kasus positif Covid-19 tidak hanya melalui testing. Sebab, bisa juga dilakukan secara aktif, seperti dari rumah ke rumah.

Bahkan, tanpa testing atau pengujian, kalau cepat dilakukan, setelah ditemukan lalu segera isolasi dan karantina, maka hal ini dapat berperan dalam menurunkan potensi kematian akibat Covid-19.

"Tapi masalahnya, program deteksi dini cepat dan secara aktif di rumah-rumah (di Indonesia) masih rendah, belum efektif dilakukan," kata Dicky menjelaskan perihal salah satu penyebab meningkatnya persentase angka kematian akibat Covid-19.

Baca juga: Tsunami Covid-19 India Sebabkan 3.645 Kematian Sehari, Apa yang Bisa Dipelajari Indonesia?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com