Kompas.com - 26/04/2021, 11:03 WIB

KOMPAS.com - Helikopter Ingenuity NASA berhasil melakukan penerbangan ketiganya di atas permukaan Mars pada hari Minggu (25/4/2021).

Helikopter itu membuat sejarah penerbangan luar angkasa pada Senin (19/4/2021) lalu ketika lepas landas dari Mars dan naik 3,05 meter di atas permukaan planet merah.

Belum pernah pesawat ruang angkasa melakukan penerbangan bertenaga terkontrol di planet lain.

Kemudian pada hari Kamis (22/4/2021), Ingenuity terbang lebih tinggi, 5 meter, dan bergerak ke samping untuk pertama kalinya.

Penerbangan ketiga pada hari Minggu (25/4/2021) adalah perjalanan paling berani dari helikopter Ingenuity hingga saat ini.

Baca juga: Momen Bersejarah, NASA Sukses Terbangkan Helikopter Pertama di Mars

Dilansir Bussines Insider, Senin (26/4/2021), NASA mengatakan bahwa helikopter itu lepas landas pada pukul 1:31 pagi ET (12.31 WIB), atau 12:33 waktu Mars.

Helikopter Ingenuity naik dengan kecepatan udara maksimum 2 meter per detik, sekitar 8 kilometer per jam.

Penerbangan terakhir hanya mencapai kecepatan udara 0,5 meter per detik.

Kemudian helikopter melakukan perjalanan 50 meter ke utara, hampir setengah panjang lapangan sepak bola. Ini adalah jarak terbang terjauh yang dilakukan Ingenuity.

"Penerbangan hari ini adalah apa yang kami rencanakan dan ini benar-benar luar biasa," kata David Lavery, eksekutif program proyek tersebut, dalam siaran pers.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.