Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyakit yang Sering Muncul Saat Puasa dan Cara Mencegahnya

Kompas.com - 26/04/2021, 04:01 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa penelitian telah menunjukkan manfaat puasa untuk kesehatan tubuh.

Meski demikian, ada beberapa masalah kesehatan atau penyakit yang terkadang muncul, terutama di awal masa berpuasa. Ini karena, tubuh sedang menyesuaikan dengan kebiasaan baru.

Tapi tak usah khawatir, menurut para dokter dari Clinic Cleveland Abu Dhabi, beberapa penyakit tersebut bisa dicegah dengan beberapa cara.

Penyakit yang sering dilaporkan oleh pasien di antaranya mata kering, rhinitis alergi, masalah gastrointestinal, sakit kepala, dan hipertensi.

Baca juga: Studi Buktikan Puasa Dapat Meningkatkan Metabolisme dan Mencegah Penuaan

Sebuah studi tahun 2018 yang dilakukan oleh Cleveland Clinic Abu Dhabi menemukan, bahwa 49 persen orang yang berpuasa di Uni Emirat Arab memiliki kekhawatiran tentang mengatur pola makan, aktivitas fisik, obat-obatan, dan penyakit kronis mereka sebelum Bulan Ramadhan dimulai.

Dr. Hussain Saadi, Ketua Medical Subspecialties Institute di Cleveland Clinic Abu Dhabi mengungkap, pada pasien yang tidak menderita kondisi kronis, sebagian besar masalah kesehatan disebabkan oleh perubahan rutin yang tiba-tiba, seperti kebiasaan makan yang tidak sehat dan pola tidur yang bermasalah.

Sementara pada pasien dengan penyakit kronis, gejala dapat meningkat jika sebelumnya mereka tidak berkonsultasi dengan dokter mereka, tentang bagaimana mengelola kondisi mereka saat berpuasa

“Kami selalu memberi tahu pasien untuk menjalani bulan puasa dengan melakukan perubahan sederhana pada rutinitas harian mereka, yang sebaiknya dimulai sejak sebelum Ramadhan, agar tubuh mereka tidak kaget untuk menyesuaikan diri.”

Saadi mengatakan, bahwa tiga faktor utama untuk menjaga kesehatan, yang harus menjadi fokus orang selama puasa adalah pola makan, kualitas tidur, dan mengelola penyakit yang sudah ada sebelumnya.

Tidur yang cukup dan berkualitas juga penting untuk menghindari kelelahan dan ketidakseimbangan hormon, dan untuk tetap waspada.

“Gangguan pola tidur biasa terjadi selama Ramadhan, tetapi ini dapat diatasi dengan menjauhi makanan berat selama berbuka puasa, tidur lebih awal, dan tidur siang untuk mengganti tidur yang hilang di malam hari.”

Baca juga: Ahli Gizi Ungkap 10 Cara Mencegah Kenaikan Berat Badan Selama Puasa Ramadhan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com