Kompas.com - 23/04/2021, 04:01 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Puasa telah diketahui bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan, studi terbaru menyimpulkan, bahwa puasa meningkatkan aktivitas metabolisme serta dapat mencegah penuaan dini.

Puasa adalah kegiatan tidak makan atau minum dalam jangka waktu tertentu.

Berpuasa di bulan Ramadhan hampir mirip dengan program diet yang cukup populer, yaitu intermiten fasting atau puasa intermiten.

Baca juga: Apakah Puasa Menurunkan Imunitas Tubuh? Ini penjelasan Ahli

Intermetin fasting adalah diet yang mengatur pola makan, waktu makan, dan makanan yang dikonsumsi.

Dilansir MedicalNewsToday, Senin (4/2/2019) secara khusus para ilmuwan di Universitas Pascasarjana Institut Sains dan Teknologi Okinawa di Jepang meneliti dampak puasa terhadap metabolisme tubuh.

Untuk menyelidikinya, mereka memanggil empat relawan untuk berpuasa selama 58 jam. Menggunakan metabolomik, atau pengukuran metabolit, para peneliti menganalisis sampel darah utuh secara berkala selama periode puasa.

Saat puasa, tubuh manusia kekurangan makanan, dan berdampak pada sejumlah perubahan metabolisme yang terjadi.

Biasanya, saat kita memakan makanan yang mengandung karbohidrat, tubuh akan menggunakannya sebagai bahan bakar.

Namun ketika karbohidrat ini tidak ada, tubuh akan mencari energi di tempat lain. Tubuh memperoleh glukosa dari sumber non-karbohidrat, seperti asam amino. Proses ini disebut glukoneogenesis.

Ilmuwan dapat menemukan bukti glukoneogenesis dengan menilai tingkat metabolit tertentu dalam darah, termasuk karnitin, dan butirat.

Hasil penelitian menunjukkan, setelah puasa kadar metabolit ini meningkat dalam darah partisipan.

Namun, para ilmuwan juga mengidentifikasi lebih banyak perubahan metabolik seperti, peningkatan yang nyata dari siklus asam sitrat.

Siklus asam sitrat terjadi di mitokondria dan fungsinya untuk melepaskan energi yang tersimpan.

Baca juga: Apakah Puasa Menurunkan Imunitas Tubuh? Ini penjelasan Ahli

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X