Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Baru: Pasien Covid-19 Berisiko Alami Masalah Kesehatan, Bahkan 6 Bulan Setelah Terinfeksi

Kompas.com - 25/04/2021, 17:30 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Pasien Covid-19 yang mengalami long covid atau gejala covid jangka panjang yang muncul setelah pasien dinyatakan sembuh, kemungkinan menghadapi ancaman kesehatan, bahkan risiko kematian yang lebih tinggi hingga 6 bulan setelah terinfeksi virus corona.

Hal itu diungkap sebuah penelitian besar yang dilakukan terhadap 87.000 pasien Covid-19 dan hampir 5 juta pasien kontrol dalam database federal.

Dalam studi yang telah diterbitkan di jurnal Nature ini ditemukan, pasien Covid-19 memiliki risiko kematian 59% lebih tinggi hingga 6 bulan setelah terinfeksi, dibandingkan dengan orang yang tidak terinfeksi.

Baca juga: Belajar dari Kasus Atta Halilintar, Berapa Lama Antibodi Covid-19 Bertahan?

Melansir WebMD, menurut para peneliti, temuan itu diterjemahkan menjadi sekitar delapan kematian tambahan per 1.000 pasien selama 6 bulan, karena banyak kematian yang disebabkan oleh komplikasi long covid tidak dicatat sebagai kematian Covid-19.

Di antara pasien yang dirawat di rumah sakit dan meninggal setelah lebih dari 30 hari, terdapat 29 kematian lebih per 1.000 pasien selama 6 bulan.

“Sejauh jumlah total kematian akibat pandemi, angka-angka ini menunjukkan bahwa kematian yang kami hitung karena infeksi virus corona langsung hanyalah puncak gunung es,” kata Ziyad Al-Aly, MD, penulis senior studi dan direktur Pusat Epidemiologi Klinis di Sistem Perawatan Kesehatan Urusan Veteran St. Louis, dalam rilis berita dari Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St. Louis.

Sementara itu, Universitas Johns Hopkins mengatakan, lebih dari 3 juta orang di seluruh dunia dan sekitar 570.000 orang di Amerika Serikat telah meninggal karena alasan terkait virus corona.

Selain itu, penelitian mengungkap, pasien long covid juga memiliki peluang lebih tinggi untuk jatuh sakit, bukan hanya pada sistem pernapasan.

Para pasien memiliki tingkat stroke yang tinggi dan penyakit sistem saraf lainnya; masalah kesehatan mental seperti depresi; timbulnya diabetes; penyakit jantung dan masalah koroner lainnya; diare dan gangguan pencernaan; penyakit ginjal; gumpalan darah; nyeri sendi; rambut rontok; hingga kelelahan.

Baca juga: Kenali Gejala, Faktor Risiko, dan Cara Pengobatan Long Covid di Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com