Kompas.com - 17/04/2021, 16:02 WIB
Ilustrasi tripel konjungsi Bulan-Mars-Aldebaran. Fenomena langit ini akan terjadi pekan ini, 19 Maret 2021. SHUTTERSTOCK/Jose L. StephensIlustrasi tripel konjungsi Bulan-Mars-Aldebaran. Fenomena langit ini akan terjadi pekan ini, 19 Maret 2021.


KOMPAS.com- Jangan lewatkan jadwal fenomena langit Ramadhan yang hadir selama bulan bulan istimewa ini. Ada 11 fenomena antariksa yang akan hiasi langit Indonesia.

Berikut daftar 11 fenomena langit selama bulan Ramadhan 1442 Hijriah tahun 2021 ini.

1. Bulan Sabit: 12 April 2021

Dijelaskan oleh Astronom Amatir Indonesia Marufin Sudibyo, pada bulan Ramadhan kali ini, fenomena langit pertama yang terjadi jelas adalah bulan sabit.

Bulan sabit yang telah diamati pada tanggal 12-13 April yang lalu, menjadi salah satu peristiwa astronomi Ramadhan penanda awalnya perhitungan atau penentuan 1 Ramadhan 1442 Hijriah.

Bulan sabit ini nantinya akan berkembang menjadi bulan separuh, dan selanjutnya menjadi bulan penuh atau purnama. 

Begitu pun sebaliknya, setelah purnama, maka penampakan bulan akan kembali menjadi bulan separuh dan sabit kembali, menjadi penanda bulan Ramadhan akan berakhir. 

Baca juga: Fenomena Langit April 2021: Hujan Meteor Lyrid hingga Supermoon

 

2. Okultasi Mars oleh Bulan: 17 April 2021

Okultasi Mars oleh Bulan adalah fenomena astronomi ketika Mars melintas di belakang Bulan, sehingga tampak tertutupi oleh Bulan selama beberapa jam.

Berdasarkan penjelasan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Okultasi Mars oleh Bulan ini bisa terjadi karena jarak Mars ke Bumi lebih jauh dibandingkan dengan jarak Bulan ke Bumi. 

Okultasi Mars oleh Bulan ini akan terjadi hari ini, Sabtu (17/4/2021), pada pukul 16.25 WIB hingga 21.35 WIB.

Indonesia menjadi salah satu dari 12 negara yang dapat menyaksikan fenomena langit yang menarik ini, bertepatan pada bulan Ramadhan.

Baca juga: Fenomena Langit Malam Ini, Konjungsi Bintang Raksasa Merah Pollux dan Bulan

 

3. Konjungsi Superior Merkurius: 19 April 2021

Konjungsi superior adalah konfigurasi yang berlaku khusus pada Merkurius dan Venus, yakni ketika Merkurius, Matahari dan Bumi terletak pada satu garis lurus dan Merkurius membelakangi Matahari. 

Merkurius akan mengalami konjungsi superior pada 19 April 2021, tepatnya pada pukul 08.56 WIB. 

Fenomena langit konjungsi superior di bulan Ramadhan ini menandai pergantian ketampakan Merkurius yang semula ketika fajar menjadi senja.

Baca juga: Fenomena Langit Maret 2021: Ada Konjungsi Bulan, Mars, Aldebaran

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X