Pentingnya Kenali Faktor Risiko Kanker dan Deteksi Dini dengan Skrining

Kompas.com - 09/04/2021, 19:02 WIB
Ilustrasi deteksi kanker payudara ShutterstockIlustrasi deteksi kanker payudara


KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri, penyakit kanker di Indonesia masih menjadi salah satu penyakit dengan angka kematian tertinggi. Oleh sebab itu, ahli ingatkan pentingnya mengenali faktor risiko kanker dan deteksi dini kanker dengan skrining.

Data Globocan menyebutkan di tahun 2018 terdapat 18,1 juta kasus  baru dengan angka kematian sebesar 9,6 juta kematian, di mana 1 dari 5 laki-laki dan 1 dari 6 perempuan di dunia mengalami kejadian kanker.

Data tersebut juga menyatakan 1 dari 8 laki-laki dan 1 dari 11 perempuan, meninggal karena kanker.

Maka dari itu, penting sekali untuk melakukan pencegahan dan memahami faktor risiko kanker sedini mungkin.

Pencegahan dapat dilakukan dengan rutin melakukan skrining kanker agar dapat dideteksi dan mendapatkan penanganan pada stadium awal.

Baca juga: Usia Berapa Perlu Periksa Payudara Sendiri untuk Deteksi Kanker?

 

Kanker seringkali tak bergejala pada stadium awal. Namun, jika sudah berada pada stadium akhir, ini akan sangat sulit untuk ditangani. Lalu, apa saja faktor risiko dari berbagai jenis kanker?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Imelda Maria Loho, Sp.PD, menjelaskan hal ini dalam webinar yang diselenggarakan RSPI bertajuk Pemeriksaan Kesehatan Berkala, (9/4/2021)

Dr. Imelda menjelaskan lebih lanjut tentang faktor-faktor risiko kanker pada orang dalam keadaan tertentu yang perlu waspada dan segera melakukan skrining kanker sebagai berikut.

1. Kanker Paru

Skrining kanker wajib dilakukan setiap 3 tahun sekali pada kelompok pasien yang memiliki faktor risiko tinggi dengan riwayat merokok, yakni dari usia lebih dari 40 tahun dengan riwayat merokok lebih dari 30 tahun.

Baca juga: Awas, Merokok dan Konsumsi Garam Berlebih Berisiko Kanker Lambung

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.