Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Alam Semesta: Berjalan Mengelilingi Bulan, Butuh Berapa Lama?

Kompas.com - 09/04/2021, 13:02 WIB
Dea Syifa Ananda,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Jika kita lihat dari Bumi, Bulan terlihat kecil. Tetapi, pernahkah Anda bertanya atau membayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berjalan mengelilingi satelit alami Bumi ini?

Kendati Bulan terlihat kecil, faktanya, bulan berukuran lebih dari seperempat atau sekitar 27 persen ukuran Bumi dengan diameter sekitar 2.159 mil atau 3.475 km dan berarti lebih besar dari Pluto.

Sebenarnya, seberapa lama waktu untuk berjalan mengelilingi bulan itu tergantung pada banyak faktor.

Seperti seberapa cepat Anda dapat melaju, berapa banyak waktu yang Anda habiskan setiap hari untuk berjalan, dan jalan memutar mana yang perlu Anda ambil untuk menghindari topografi yang berbahaya.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Bagaimana Bulan Terbentuk?

 

Perjalanan mengelilingi Bulan seperti itu bisa memakan waktu sekitar lebih dari setahun. Kendati demikian, saat perjalanan mengelilingi Bulan, banyak tantangan yang harus dihadapi jika Anda berjalan di Bulan.

Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) mengungkapkan, 12 orang telah menginjakkan kaki di permukaan bulan, semuanya merupakan bagian dari misi Apollo antara tahun 1969 hingga 1972.

Namun, penelitian NASA sejak itu menunjukkan bahwa manusia bisa bermanuver jauh lebih cepat di bulan daripada yang dilakukan astronot Apollo.

Secara teoritis faktanya, berjalan mengelilingi bulan bisa dilakukan lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Apakah Bulan juga Termasuk Planet?

 

Selama misi Apollo, astronot di Bulan berjalan di sekitar permukaan dengan kecepatan 1,4 mph (2,2 km/jam). Kecepatan lambat ini dikarenan pakaian luar angkasa mereka yang kaku dan bertekanan yang tidak dirancang dengan mempertimbangkan mobilitas.

Padahal, jika mereka mengenakan pakaian yang lebih ramping, kemungkinan mobilitas akan jauh lebih mudah dan dapat meningkatkan kecepatan.

Untuk menguak rahasia alam semesta tentang perjalanan di bulan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa mengelilingi Bulan, NASA membuat sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam Journal of Experimental Biology.

Dilansir Live Science, Jumat (9/4/2021), studi NASA itu dilakukan simulasi gravitasi bulan, untuk mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengelilingi Bulan, seberapa cepat manusia dapat berjalan dan berlari.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Mengapa Bulan Disebut Satelit Alami?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com