Rahasia Alam Semesta: Apakah Bulan juga Termasuk Planet?

Kompas.com - 11/09/2020, 20:31 WIB
Ilustrasi Bulan. Satelit alami Bumi, Bulan memiliki ukuran seperti planet. Bahkan, di dalam Tata Surya dikenal dengan double planet atau planet ganda, karena ukurannya yang lebih besar dari Bumi. SHUTTERSTOCK/taffpixtureIlustrasi Bulan. Satelit alami Bumi, Bulan memiliki ukuran seperti planet. Bahkan, di dalam Tata Surya dikenal dengan double planet atau planet ganda, karena ukurannya yang lebih besar dari Bumi.


KOMPAS.com - Ukuran Bulan sangat besar dibandingkan dengan Bumi. Bahkan, ukurannya kira-kira seperempat ukuran dari planet kita.

Tak heran jika di sistem Tata Surya terdengar seperti "double planet" atau " planet ganda". 

Lantas, benarkah Bulan dan Bumi adalah planet ganda?

Ilmuwan bulan Barbara Cohen, seperti dikutip dari situs milik badan antariksa Amerika ( NASA), menjelaskan bagaimana fungsi bulan sangat mirip dengan planet.

Mungkin kita pernah mendengar tentang keputusan International Astronomical Union (IAU) untuk mendefinisikan planet.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Mengapa Bulan Purnama Pengaruhi Gelombang Pasang di Lautan?

 

IAU mendefinisikan "planet ganda" sebagai sistem di mana kedua benda memenuhi definisi planet, Bumi adalah planet dan Bulan adalah satelit, setidaknya saat ini dibawah aturan IAU.

Tapi tahukah bahwa fungsi Bulan kita seperti planet?

Banyak hal yang harus dipelajari tentang bagaimana planet terbentuk dan berevolusi.

Seperti Bumi, satelit alami kita ini memiliki kerak, mantel dan inti. Lapisan interior ini menurut ilmuwan ada di sebagian besar planet, bahkan, jika keraknya terbuat dari batu atau es. 

Mars mungkin memiliki kerak, mantel, dan inti, begitu pula Venus dan Merkurius.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Hal Aneh, Tidak Punya Air Bagaimana Bulan bisa Berkarat?

 

Dikutip dari Universe Today, Jumat (11/9/2020), pertama, penting untuk memahami apa definisi resmi dari "planet", setidaknya menurut International Astronomical Union.

Dengan kata-katanya sendiri, menurut pemungutan suara di Praha pada tahun 2006, serikat pekerja memiliki definisi tentang planet.

Salah satunya menjelaskan bahwa planet adalah benda langit yang mengorbit mengelilingi Matahari, memiliki massa yang cukup untuk gaya gravitasi sendiri untuk mengatasi gaya benda kaku.

Sehingga ia mengambil bentuk kesetimbangan hidrostatik (hampir bulat), dan telah membersihkan lingkungan di sekitar orbitnya. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X