Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia Berapa Perlu Periksa Payudara Sendiri untuk Deteksi Kanker?

Kompas.com - 01/09/2020, 17:00 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Ahli mengingatkan bahwa semua wanita perlu rutin melakukan pemeriksaan payudara sendiri (sadari) sedini mungkin.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam Hematologi Onkologi Medik RS Kanker Dharmais, Dr Ronald Alexander Hukom SpPD KHOM MHSC FINASIM.

"Kanker payudara itu memang paling berisiko dialami wanita. Tetapi paling mudah dideteksi untuk dicegah juga dengan program sadari," kata Ronald dalam diskusi daring bertajuk Memahami Lebih Dalam Subtipe Kanker Payudara Metastasi Tertinggi di Dunia: HR-positif, HER2-negatif, Senin (31/9/2020).

Baca juga: 2 Cara Mencegah Kanker Payudara Si Penyebab Kematian Kedua di Dunia

Ronald mengatakan, program sadari sangat perlu dilakukan untuk deteksi dini, guna menghindari dari salah satu penyakit berbahaya dan penyebab kematian paling banyak yaitu kanker payudara.

Kanker payudara adalah penyakit nomor satu yang paling banyak diderita oleh wanita hampir di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Menurut studi Globocan 2018, kanker payudara menempati peringkat kanker tertinggi di Indonesia dengan 58,256 kasus baru pada tahun 2018.

Kanker payudara adalah kanker invasif yang paling umum terjadi pada wanita secara global dengan lebih dari 2 juta wanita terkena setiap tahunnya.

Kanker payudara juga disebutkan menempati posisi kedua penyebab kematian pada manusia karena kanker, setelah kanker paru-paru.

Menurut para ahli kesehatan, diperkirakan terjadi peningkatan sekitar 43 persen dalam kematian terkait kanker payudara secara global dari tahun 2015 hingga tahun 2030 nanti.

Baca juga: Awas, Bungkus Makanan Panas Pakai Kantong Plastik Picu Kanker Payudara

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com