Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Nia Ramadhani Telmi karena Kurang Zat Besi? Ahli Jelaskan

Kompas.com - 04/03/2021, 19:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, asisten pribadi Nia Ramadhani, Theresa Wienanthan, mengungkapkan kondisi Nia yang mengalami kekurangan zat besi.

Salah satu efek kekurangan zat besi itu membuat Nia menjadi cepat lelah, telmi (telat mikir), hingga gangguan penglihatan.

"Jadi dia itu kemarin pas waktu di Amerika sempat kontrol, check up, dokter Amerika sudah bilang iron dia bermasalah. Iron dia jauh di bawah standar dan saturasinya benar-benar jelek banget," kata There, dikutip dari YouTube Trans TV Official, seperti diberitakan Kompas.com, Senin (1/3/2021).

Kondisi kesehatan Nia Ramadhani tersebut telah diketahui sudah cukup lama, dan saat itu dokter menyarankan agar Nia segera mendapat pengobatan.

Dokter mengatakan bahwa efek kekurangan zat besi yang dialami Nia membawa beberapa dampak dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Selain Anemia: Ketahui Penyebab dan Cara Cegah Kekurangan Zat Besi pada Anak

 

"Satu, menyebabkan dia cepet capek. Kedua, itu bisa bikin dia longkap-longkap, mikir loading-nya agak lama, ketiga kabur saat melihat," ujar There.

Lantas, benarkah kekurangan zat besi seperti yang dialami Nia Ramadhani dapat menyebabkan telmi alias telat mikir hingga gangguan penglihatan?

Pakar gizi Primaya Hospital Tangerang dan RS Hermina Tangerang, dr Yohan Samudra, SpGK, AIFO-K saat dihubungi Kompas.com, Rabu (4/3/2021), membenarkan hal ini.

Dr Yohan mengatakan bahwa anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan, apabila dibiarkan dalam jangka panjang.

Sebab, kata dr Yohan, fungsi sel darah merah adalah mengantarkan oksigen dan zat gizi ke seluruh tubuh.

Akibat kondisi anemia karena kekurangan zat besi seperti yang dialami Nia Ramadhani ini, lanjutnya, menyebabkan kurangnya hantaran oksigen dan zat gizi yang diperlukan tubuh ke organ, termasuk otak dan mata.

Baca juga: Awas, Kekurangan Zat Besi Memengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com