Kompas.com - 04/03/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi obesitas dan diabetes. Obesitas bisa memicu penyakit diabetes. SHUTTERSTOCK/JPC-PRODIlustrasi obesitas dan diabetes. Obesitas bisa memicu penyakit diabetes.

KOMPAS.com - Kondisi pandemi saat ini menghadirkan tantangan tersendiri karena adanya perubahan gaya hidup dan kondisi lingkungan.

Pembatasan aktivitas keluar rumah dan peningkatan konsumsi makanan menjadi faktor risiko terjadinya obesitas, yang juga akan mengakibatkan penyakit lain seperti diabetes.

Kendati demikian, mengapa hal ini bisa terjadi?

Baca juga: 7 Cara Menurunkan Berat Badan untuk Penderita Diabetes

Saat ini Indonesia sedang mengalami beban ganda mengenai masalah gizi, salah satunya adalah obesitas.

Data menunjukkan bahwa tingkat obesitas pada orang dewasa meningkat dari 14,8 persen menjadi 21.8 persen. Kemudian prevalensi berat badan berlebih juga meningkat dari 11,5 persen di 2013 menjadi 13,6 persen di 2018.

Hal ini disampaikan oleh dr. Dhian Dipo, MA Direktur Gizi Masyarakat Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dalam webinar yang diselenggarakan oleh Nutrifood berkolaborasi dengan Kemenkes RI dan Badan POM RI bertajuk 'Cerdas Baca Label Kemasan, Hindari Risiko Obesitas' Kamis, (4/3/2021).

Dhian menuturkan bahwa di masa pandemi ini telah terjadi peningkatan pasien obesitas.

Ini karena masyarakat dibatasi untuk keluar rumah, yang secara tidak langsung menyebabkan waktu untuk bermain gadget dan kebiasaan mengonsumsi makanan meningkat.

Studi terhadap 173 orang mengatakan bahwa 91 persen orang lebih lama menghabiskan waktu di rumah dibandingkan sebelum pandemi. Data yang sama menunjukkan, ada 22 persen responden yang mengalami kenaikan berat badan sebanyak 2,5-5 kilogram.

"Kondisi ini dapat menjadi faktor risiko terjadinya obesitas, yang kedepannya dapat berdampak pada peningkatan penyakit tidak menular lainnya dan beban ekonomi negara," ungkap dr Dhian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X