Kompas.com - 07/02/2021, 16:05 WIB
Ilustrasi hidung menjadi lokasi yang tepat sebagai jalur masuknya virus. ShutterstockIlustrasi hidung menjadi lokasi yang tepat sebagai jalur masuknya virus.


KOMPAS.com - Gejala Covid-19 pada setiap orang berbeda-beda. Pada orang terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan, gejala yang muncul bisa bermacam-macam, seperti batuk, sakit tenggorokan, atau pilek dan hidung tersumbat.

Seringkali orang mengira gejala yang muncul adalah gejala flu biasa atau alergi. Karena itu, para ahli mengingatkan, selama pandemi Covid-19 ini hal terbaik adalah mengasumsikan gejala apa pun dengan Covid-19 dan segera mengisolasi diri dari orang lain.

Neha Vyas, MD, dokter pengobatan keluarga di Cleveland Clinic mengatakan, faktanya hidung tersumbat atau hidung meler diklasifikasikan sebagai gejala virus corona oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

“Tetapi memang tidak dianggap sebagai gejala klasik Covid-19,” katanya.

Baca juga: Apakah Sakit Tenggorokan Termasuk Gejala Covid-19?

Jadi, seberapa umum hidung tersumbat pada Covid-19?

Melansir Health, CDC tidak memberikan informasi tentang berapa banyak orang yang menderita gejala umum Covid-19, tetapi Organisasi Kesehatan Dunia mengungkap sebuah laporan.

Pada bulan Februari, menjelang awal pandemi Covid-19, WHO menerbitkan laporan yang menganalisis 55.924 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi laboratorium di China.

Laporan itu menemukan, bahwa hanya 4,8% pasien yang menunjukkan hidung tersumbat sebagai tanda atau gejala infeksi Covid-19.

Angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan persentase pasien yang melaporkan gejala yang lebih umum, seperti demam (87,9%), batuk kering (67,7%), dan kelelahan (38,1%).

Bagaimana mengetahui hidung tersumbat yang dialami adalah gejala Covid-19?
Dr. Vyas mengatakan, seperti banyak gejala virus corona, hidung tersumbat adalah gejala yang tidak spesifik, yang berarti dapat dikaitkan dengan sejumlah penyakit.

“Apalagi di masa ketika influenza, alergi, dan flu biasa mulai beredar,” lanjutnya.

Berdasarkan hal tersebut, satu-satunya cara yang benar untuk mengetahui apakah hidung tersumbat Anda merupakan bagian dari gejala Covid-19, adalah dengan menjalani tes Covid-19 dan penegakan diagnosis dari dokter Anda, sesuai gejala dan hasil tes.

Jika Anda menderita hidung tersumbat selama beberapa hari, titik awal yang baik adalah menjadwalkan pertemuan dengan dokter secara online. Kecuali Anda merasakan gejala yang lebih parah, seperti kesulitan bernapas, maka baiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat.

Baca juga: Gejala yang Harus Diwaspadai Saat Melakukan Isolasi Mandiri di Rumah

Halaman:


Sumber Health
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X