Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/01/2021, 20:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Tak seperti penyakit lainnya yang memilki gejala khas, Covid-19 menunjukkan gejala berbeda pada setiap orang yang terinfeksi.

Sejauh ini demam, batuk kering, dan diare menjadi gejala utama Covid-19, meski di luar itu banyak gejala lain yang menyertainya.

Lalu, bagaimana dengan sakit tenggorokan, pilek, atau panas dingin? Mungkinkah ini juga menjadi gejala Covid-19?

Baca juga: Berkumur Air Garam Hangat Redakan Sakit Tenggorokan

Kathryn Boling, MD, spesialis pengobatan keluarga di Mercy Hospital, Baltimore, mengatakan gejala apa pun saat ini sangat mungkin berkaitan dengan Covid-19.

Ia mengungkap, pernah memiliki pasien yang mengira hanya mengalami alergi, flu, atau radang tenggorokan, tapi nyatanya hasil tes menunjukkan bahwa mereka positif Covid-19.

"Saya memberi tahu pasien saya, jika Anda memiliki sesuatu yang menurut Anda pilek biasa, atau alergi, atau sakit tenggorokan yang Anda anggap flu, Anda harus bersikap seolah-olah itu Covid-19, sampai terbukti sebaliknya," kata Dr. Boling.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memiliki daftar gejala Covid-19 yang umum dan tidak terlalu umum, yang telah menewaskan lebih dari 1,5 juta orang di seluruh dunia.

Mulai dari Menggigil, pusing, hidung tersumbat, diare, di antara sejumlah gejala lainnya, semuanya merupakan indikator bahwa virus mungkin ada di dalam tubuh.

Masalah ganda

Nyeri pada tubuh dan sakit tenggorokan bisa menjadi indikasi radang tenggorokan, infeksi bakteri, atau Covid-19, infeksi virus, atau bisa juga keduanya. Dr. Boling menjelaskan bahwa koinfeksi – infeksi simultan oleh dua virus - sangat mungkin terjadi.

Jadi, sangat penting ketika seseorang merasa sakit di masa sekarang, mereka harus berperilaku seolah-olah terinfeksi Covid-19, sampai menerima hasil tes yang membuktikan mereka negative Covid-19.

Baca juga: Pengaruh Covid-19 pada Kekebalan Tubuh, Makin Tua Makin Lemah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com