Kompas.com - 07/02/2021, 09:00 WIB
Banjir Semarang di kawasan Kota Lama Semarang, Sabtu (6/2/2021) KOMPAS.com/RISKA FARASONALIABanjir Semarang di kawasan Kota Lama Semarang, Sabtu (6/2/2021)

KOMPAS.com - Berkaitan dengan banjir Semarang, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masih ada potensi hujan besar yang menyebabkan banjir hingga 2 hari mendatang.

Ini adalah salah satu berita populer Sains Kompas.com edisi Sabtu (6/2/2021).

Selain peringatan BMKG akan potensi hujan deras yang mengguyur ibukota Jawa Tengah itu, berita lain soal hilangnya indra penciuman hingga foto pertama Mars yang ditangkat pesawat ruang angkasa Tianwen-1 China menjadi berita populer lainnya.

Baca juga: [POPULER SAINS] Cara Lapan Tahu Benda Langit Jatuh | Kucing Takut Air

Berikut ulasan berita populer Sains Kompas.com.

1. Potensi hujan deras Semarang

Forecase on duty (Fod) prediksi BMKG mengungkapkan bahwa berdasarkan catatan yang ada, kejadian banjir di Kota Semarang dipicu beberapa kondisi atmosfer yang menyebabkan hujan intensitas tinggi atau deras.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertama, berdasarkan prakiraan musim dari klimatologi pada bulan Februari 2021 berada pada periode puncak musim hujan untuk wilayah Pulau Jawa dengan aktifnya Monsun Asia.

Faktor penyebab yang kedua adalah adanya kondisi La Nina dengan level yang masih moderate di Pasifik equator yang dapat mempengaruhi peningkatan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Ada daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya yang memicu terjadinya hujan lebat.

Fod Prediksi BMKG juga menyebutkan bahwa kondisi tersebut juga didukung dengan masa udara yang labil serta kelembaban udara yang cukup tinggi.

Fod Prediksi BMKG menegaskan bahwa baik di Kota Semarang maupun di sejumlah wilayah lainnya di Pulau Jawa masih berpeluang terjadi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas yang tinggi dalam beberapa hari ke depan.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.