Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2021, 11:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Masker terbukti mampu menyelamatkan nyawa selama pandemi Covid-19. Namun di sisi lain, penggunaan masker sekali pakai juga menjadi ancaman bagi satwa liar.

Masker sekali pakai telah ditemukan tersebar di berbagai tempat, seperti trotoar, saluran air, dan pantai di seluruh dunia sejak negara-negara mulai mewajibkan penggunaannya di tempat umum untuk memperlambat penyebaran pandemi.

Sementara masker sekali pakai terbuat dari bahan yang membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai.

Baca juga: Berpotensi Menyebar Melalui Air Limbah, Mamalia Laut Terancam Covid-19

"Masker tak akan hilang dalam waktu dekat. Tetapi saat kita membuangnya, barang tersebut dapat merusak lingkungan dan hewan di bumi," kata Ashley Fruno dari kelompok hak asasi hewan PETA kepada AFP, seperti dikutip dari Phys, Selasa (12/1/2021).

Tak sedikit hewan-hewan yang menjadi korban dari masker sekali pakai. Seperti misalnya, monyet yang terlihat mengunyah tali masker bekas sekali pakai yang dibuang di perbukitan di Malaysia. Hal tersebut bisa menimbulkan potensi tersedak bagi monyet kecil.

Berita utama di Inggris juga pernah mengabarkan, jika ada seekor burung camar yang harus diselamatkan setelah kakinya tersangkut di tali masker sekali pakai hingga seminggu lamanya.

Badan amal kesejahteraan hewan mendapatkan laporan, jika burung tidak bergerak namun masih hidup. Mereka pun membawanya ke rumah sakit satwa liar untuk perawatan sebelum dilepaskan.

"Jelas masker itu membelit burung selama beberapa waktu dan tali elastisnya telah mengencang di sekitar kaki, karena persendiannya bengkak dan sakit," ungkap Adam Jones dari Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals (RSPCA).

Baca juga: Populasi Satwa Liar Global Turun 70 Persen dalam Waktu 50 Tahun

Halaman:
Sumber PHYSORG
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com