Kompas.com - 17/11/2020, 10:05 WIB
Ilustrasi bayi anjing laut. (Shutterstock) Ilustrasi bayi anjing laut. (Shutterstock)

KOMPAS.com - Sebuah studi yang dilakukan oleh Dalhousie University menyebut jika beberapa mamalia laut berpotensi tertular Covid-19 melalui air limbah yang masuk ke habitat mereka.

Seperti dikutip dari Phys, Senin (16/11/2020) virus corona sempat terdeteksi di air limbah tak diolah yang ditemukan di Spanyol, Italia, dan Prancis.

Jika air limbah yang tak diolah dengan baik itu langsung dibuang ke laut, maka ada kekhawatiran akan menyebabkan penularan pada mamalia laut.

Baca juga: Mutasi Virus Corona D614G Lebih Menular, tetapi Mudah Dimatikan Vaksin

Kekhawatiran ini bukan tanpa sebab. Dengan menggunakan pemetaan genomik, peneliti mempelajari mamalia laut mana yang rentan terhadap virus corona.

Peneliti melihat asam amino yang mengikat virus dan menemukan, bahwa ada kemiripan yang mencolok antara manusia dan beberapa mamalia laut. Hal ini pun membuat mereka rentan untuk tertular dan terancam punah.

Tim peneliti kemudian menemukan setidaknya 15 spesies mamalia rentan terhadap infeksi virus corona. Termasuk di di antaranya adalah paus, anjing laut, lumba-lumba, paus beluga, dan berang-berang laut.

"Banyak dari spesies tersebut terancam atau sangat terancam punah," ungkap Graham Dellaire, direktur penelitian di Departemen Patologi Dalhouie University.