Kompas.com - 24/12/2020, 18:00 WIB
Perseverance, rover cerdas generasi ketiga dalam ilustrasi artistik kala telah mendarat dengan selamat di delta purba kawah Jezero, Mars. NASA, 2020Perseverance, rover cerdas generasi ketiga dalam ilustrasi artistik kala telah mendarat dengan selamat di delta purba kawah Jezero, Mars.

KOMPAS.com - Wahana penjelajah (rover) Perseverance NASA saat ini sedang menuju ke Mars.

Ia telah melewati angkasa selama berbulan-bulan dan dijadwalkan tiba di planet merah pada tanggal 18 Februari 2021, mendarat di Kawah Jezero tempat penjelajah akan memulai eksplorasi.

Dikatakan NASA, penjelajah Perseverance tidak akan pernah meninggalkan Mars. Ketika nanti wahana antariksa itu kehabisan tenaga, Mars adalah makam perseverance.

Namun, fakta bahwa rover Perseverance tidak akan pernah meninggalkan Mars tidak berarti bahwa semua yang dikirim NASA dalam misi tersebut akan tetap ada di sana selamanya.

Baca juga: Siap-siap, Robot Anjing Bakal Bantu Manusia Jelajahi Gua Planet Mars

Salah satu tujuan utama misi Perseverance adalah mengumpulkan bahan dan sampel dari Mars, menyegelnya, dan mengirimnya ke Bumi suatu saat nanti.

Penjelajah Perseverance membawa banyak tabung untuk mengumpulkan sampel Mars.

Dalam perjalanan tersebut, Perseverance membawa 43 tabung sebagai tempat sampel Mars.

Tabung-tabung itu sangat steril dan dirancang khusus agar bisa menahan material yang diambil dari permukaan Mars atau dari lokasi sampel yang dibor.

“Panjang (tabung) kurang dari 6 inci (15,2 cm), tapi kami memiliki lebih dari 60 dimensi yang berbeda untuk diteliti,” kata Pavlina Karafillis dari Jet Propulsion Laboratory NASA dalam sebuah pernyataan.

"Karena kerumitan dari semua mekanisme rumit yang akan dilalui selama misi Pengembalian Sampel Mars, jika ada pengukuran yang meleset, meski hanya setebal rambut manusia, tabung itu dianggap gagal dan tidak cocok untuk terbang," imbuhnya dilansir BGR, Rabu (23/12/2020).

Halaman:


Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X