Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Covid-19 Naik dan ICU Penuh, Apa Dampaknya Bagi Rumah Sakit?

Kompas.com - 24/12/2020, 16:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Ruang Intensive Care Unit (ICU) rumah sakit rujukan Covid-19 di banyak kota di Indonesia penuh.

Diberitakan Kompas.com, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) DKI Jakarta Slamet Budiarto pun mengimbau warga untuk di rumah saja dan selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Karena ini RS sudah full, walau pun dokternya cukup, kalau tempat enggak ada kan repot juga," kata Slamet kepada Kompas.com Selasa (22/12/2020).

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Joko Hastaryo pun menyampaikan di awal bulan Desember, ICU di RS rujukan Kabupaten Sleman penuh.

Dari 11 ICU yang ada semuanya sudah digunakan untuk merawat pasien Covid-19 dengan gejala berat.

Hal ini tidak hanya terjadi di Jakarta dan Yogyakarta, tapi ada banyak daerah di berbagai negara yang mengalami hal serupa.

Baca juga: ICU Jakarta Menipis, Ahli Ingatkan Rumah Sakit di Indonesia Perlu Waspada

Menurut Ketua Departemen Menejemen Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) Irwandy mengatakan bahwa, tren angka kasus positif Covid-19 di Indonesia yang bertampah akan memengaruhi daya tampung ruang perawatan intensif rumah sakit yang menipis.

"Ini tentu berbahaya, karena perlu dipahami bahwa perawatan pasien Covid-19 itu berbeda dengan pasien umum lainnya," ungkap Prof Irwandy saat dihubungi Kompas.com, Kamis (10/9/2020).

Lantas, apa bahayanya jika ICU penuh?

Dilansir Healtline, Selasa (22/12/2020), jika masih tersedia ruangan, pasien akan mendapat perawatan yang lebih optimal.

Namun saat semua ruangan penuh, artinya tren kekurangan staf akan meningkat, perawatan dan peralatan terbatas, dan ruangan lain di rumah sakit habis.

Dr. Daniel Fagbuyi, seorang dokter darurat yang menjabat sebagai ahli biodefense di pemerintahan Obama, mengatakan bahwa ada empat S yang perlu dipertimbangkan dalam situasi lonjakan kasus:

  1. staff atau petugas
  2. space atau ruang
  3. supplies atau persediaan
  4. other stuff atau peralatan lainnya

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

1. Staf.

Jika petugas kesehatan yang merawat orang dengan Covid-19 sakit, staf yang tersedia untuk merawat pasien di ICU akan berkurang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com