Untuk Memikat Betina, Kelelawar Ini Tutupi Muka Pakai "Masker"

Kompas.com - 17/11/2020, 16:00 WIB
Kelelawar bermuka keriput jantan mengenakan lapisan kulit berbulu yang mirip masker saat akan kawin.


live scienceKelelawar bermuka keriput jantan mengenakan lapisan kulit berbulu yang mirip masker saat akan kawin.

KOMPAS.com - Saat waktu kawin tiba, kelelawar bermuka keriput jantan (Centurio senex) akan melakukan hal yang unik.

Kelelawar itu akan menutupi bagian bawah wajah mereka yang sangat keriput dengan lipatan kulit berbulu putih yang menyerupai masker wajah.

Setelah itu mereka akan berkumpul bersama kelompok dan dari balik masker tersebut, kelelawar mulai menyanyikan lagu ultrasonik sambil memutar-mutar sayap mereka.

Baca juga: Ahli Temukan Kelelawar Berevolusi dapat Memprediksi Masa Depan

Seperti dikutip dari Live Science, Selasa (17/11/2020) para peneliti telah lama menduga bahwa lipatan kulit di bawah dagu kelelawar ada hubungannya dengan masa kawin.

Namun berhubung kelelawar jenis tersebut sulit ditangkap, peneliti pun cukup kesulitan untuk mempelajarinya.

Beruntung, peneliti kemudian berhasil mengamati dan mendokumentasikan perilaku kelelawar bermuka keriput itu untuk pertama kalinya.

Setelah mendengar informasi mengenai kelelawar bermuka keriput, Bernal Rodriguez-Herrera, peneliti dari Universitas Kosta Rika dengan segera membentuk tim untuk mengamati dan mempelajari C.senex.

Peneliti kemudian melakukan 13 kali kunjungan di lokasi penemuan kelelawar yakni hutan tropis di San Ramon, Kosta Rika. Peneliti melakukan pengamatan selama rentang waktu 6 minggu, mulai dari 27 September hingga 31 Oktober 2018.

Peneliti menemukan, setiap malam kelelawar berkumpul di tempat yang sama antara jam 6 sore dan tengah malam. Mereka akan bertengger di ketinggian 3 meter di atas tanah.

Sebagian besar kelelawar yang ditemukan mengenakan masker.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X