Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Kelelawar, Potensi Penyebaran Virus Corona juga Ada pada Tikus

Kompas.com - 13/08/2020, 07:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber SCMP

KOMPAS.com - Virus corona menyebar luas di beberapa jaringan perdagangan hewan liar. Studi baru menyoroti tentang peningkatan risiko penularan penyakit seperti Covid-19 ke manusia.

Studi ini didasarkan pada analisis hewan yang dikumpulkan para peneliti di Vietnam selatan antara tahun 2013 dan 2014, seperti dikutip dari South China Morning Post (SCMP), Rabu (12/8/2020).

Para ilmuwan menemukan berbagai jenis virus corona pada kelelawar dan tikus yang dijual di pasar untuk dimakan.

Dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa perilaku manusia itu dapat memfasilitasi penyebaran virus, seperti virus corona, dari hewan ke manusia.

Baca juga: Evolusi Virus Corona pada Kelelawar Terlacak, Ini Penjelasan Ilmuwan

Rantai perdagangan satwa liar dari lapangan ke restoran dan konsumen akhir memberikan banyak peluang untuk terjadinya limpahan penularan virus.

Pandemi saat ini, kata ilmuwan, adalah contoh terbaru bagaimana virus corona yang berasal dari hewan telah menyebabkan penyakit mematikan pada manusia.

Wabah sindrom pernapasan akur yang parah pada tahun 2003, kemungkinan disebabkan oleh virus corona yang berasal dari kelelawar. Sedangkan unta adalah inang utama dari virus yang kemudian menyebabkan sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS).

Kelelawar tapal kuda (Rhinolophus) sejauh ini merupakan reservoir (sarang) alami yang penting bagi virus corona. Hewan ini juga memiliki virus corona yang merupakan kerabat dekat SARS-CoV-2, penyebab Covid-19.Shutterstock/Rudmer Zwerver Kelelawar tapal kuda (Rhinolophus) sejauh ini merupakan reservoir (sarang) alami yang penting bagi virus corona. Hewan ini juga memiliki virus corona yang merupakan kerabat dekat SARS-CoV-2, penyebab Covid-19.

Baca juga: Virus Corona Ada di Kelelawar dan Tak Terdeteksi Selama Puluhan Tahun

Sementara, wabah Covid-19 pertama kali dilaporkan di pasar makanan laut dan hewan di kota Wuhan, China bagian tengah.

Meski sumber pasti virus SARS-CoV-2 belum jelas, namun penelitian menunjukkan kemungkinan besar berasal dari kelelawar di Asia.

Penulis studi baru ini juga termasuk berasal dari kelompok non-pemerintah dari Wildlife Conservation Society dan Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam.

Ilmuwan juga periksa tikus

Selain meneliti kelelawar yang dipelihara, ilmuwan juga memeriksa tikus liar yang dijual sebagai makanan di pasar dan restoran di tiga provinsi di Vietnam selatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com