Bukan Hewan Soliter, Hiu Terbukti Membentuk Komunitas

Kompas.com - 12/08/2020, 19:06 WIB
Ilustrasi hiu karang yang memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem terumbu karang. Survei baru-baru ini ungkap hiu karang punah secara fungsional di sejumlah lautan di Bumi. SHUTTERSTOCK/frantisekhojdyszIlustrasi hiu karang yang memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem terumbu karang. Survei baru-baru ini ungkap hiu karang punah secara fungsional di sejumlah lautan di Bumi.

KOMPAS.com - Sebagian dari kita mungkin menganggap kalau hiu merupakan mahluk soliter. Mengintai diam-diam di bawah ombak dan hanya berkumpul sementara waktu untuk tujuan tertentu.

Namun pemikiran itu mungkin tak selamanya benar. Sebab menurut penelitian baru, hiu ternyata dapat membentuk kelompok sosial dengan beberapa hiu, bahkan terikat selama bertahun-tahun.

Baca juga: Survei Ini Ungkap Hiu Karang Punah Secara Fungsional di Lautan Bumi, Kok Bisa?

"Kami menemukan bahwa komunitas hiu memiliki struktur sosial kompleks yang stabil sebanding dengan burung laut bahkan beberapa mamalia," ungkap Yannis Papastamatiou, peneliti dari Florida Internasional University, seperti dikutip dari Science Alert, Rabu (12/8/2020).

Dalam studinya, para peneliti melakukan pengamatan terhadap hiu karang abu-abu (Carcharhinus amblyrhynchos).

Setidaknya, ada 41 hiu karang di sekitar Palmyra Atoll yang diamati.

 

Hasil yang didapat dari data menunjukkan kalau hiu berkumpul bersama secara sosial dan mengalami perubahan ukuran kelompok.

Para peneliti menyebut kalau perilaku hiu tersebut konsisten dengan apa yang dikenal sebagai kelompok fisi-fusi, kelompok yang terdiri dari anggota inti yang berubah.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X