Survei Ini Ungkap Hiu Karang Punah Secara Fungsional di Lautan Bumi, Kok Bisa?

Kompas.com - 24/07/2020, 19:01 WIB
Ilustrasi hiu karang yang memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem terumbu karang. Survei baru-baru ini ungkap hiu karang punah secara fungsional di sejumlah lautan di Bumi. SHUTTERSTOCK/frantisekhojdyszIlustrasi hiu karang yang memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem terumbu karang. Survei baru-baru ini ungkap hiu karang punah secara fungsional di sejumlah lautan di Bumi.


KOMPAS.com - Peneliti melakukan survei besar-besaran terhadap terumbu karang yang ada di seluruh lautan di Bumi.

Mereka menemukan hasil mengejutkan yang menunjukkan adanya penurunan populasi hiu karang. Selama tiga tahun, hampir tidak ada hiu sama sekali yang tercatat di 19 persen terumbu karang yang dipantau.

Artinya, predator terumbu karang ini telah punah secara fungsional di delapan negara.

Seperti dikutip dari Science Alert, Jumat (24/7/2020), penyebab punahnya hiu karang ini diduga akibat penangkapan ikan yang berlebihan dan diperburuk oleh populasi manusia di pantai yang kian padat.

Baca juga: Megafauna Hiu Terancam Punah Ancam Ekosistem Laut, Ini Penyebabnya

Temuan tim juga menunjukkan bahwa kebijakan konservasi dapat ditetapkan untuk membantu memulihkan dan mengelola populasi hiu karang.

Selama beberapa dekade, sebagian besar data populasi hiu yang diperoleh tidak sempurna dan tidak termasuk hiu di daerah seperti di perairan pantai yang dangkal, yang meliputi ekosistem karang.

Survei Global FinPrint dibentuk untuk mengatasi kesenjangan data tersebut. Lembaga-lembaga di Australia, Kanada dan Amerika Serikat bekerja sama untuk menyebarkan video di 371 terumbu karang di perairan 58 negara.

Para penyelam menangkap cuplikan hiu karang (Triaenodon obesus), atau juga disebut hiu sirip-putih berkerumun di dasar laut dekat gua bawah laut. Scubacademie/Newsflare.com via National Geographic Para penyelam menangkap cuplikan hiu karang (Triaenodon obesus), atau juga disebut hiu sirip-putih berkerumun di dasar laut dekat gua bawah laut.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Hiu Paus Punya Ribuan Gigi Kecil di Sekitar Mata

Perannya punah dalam ekosistem karang

Lebih dari 3 tahun, para peneliti memperoleh lebih dari 18.000 jam video bawah air untuk mengukur aktivitas hiu karang.

Asumsi mereka, hiu karang akan ada di semua ekosistem karang di seluruh perairan di Bumi ini.

Namun, peneliti terkejut, sebab hampir tidak ada hiu sama sekali yang diamati pada 69 terumbu karang di enam negara. Di antaranya di Republik Dominika, Hidia Barat Perancis, Kenya, Vietnam, Antillen Belanda Windward dan Qatar.

"Di negara-negara tersebut, hanya tiga hiu karang yang diamati selama lebih dari 800 jam survei," kata ahli biologi kelautan Colin Simpfendorfer dari James Cook University di Australia.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X