Kompas.com - 24/04/2020, 16:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Sejak virus corona baru, SARS-CoV-2 ditetapkan sebagai pandemi global, kelelawar menjadi perhatian para ilmuwan dan disebut paling bertanggung jawab atas wabah ini.

Dalam ekosistem alam, kelelawar memiliki banyak manfaat bagi dunia. Bagi pertanian, kelelawar membantu penyerbukan, memakan serangga pembawa penyakit dan menyebarkan benih membantu regenerasi pohon di hutan tropis.

Namun, kelelawar dan sejumlah kelompok mamalia lain juga merupakan pembawa alami virus corona.

Melansir Phys, Jumat (24/4/2020), untuk lebih memahami kelompok virus yang sangat beragam ini, termasuk virus corona Covid-19, para ilmuwan melakukan studi.

Baca juga: Kelelawar Inang Virus SARS, Hendra hingga Covid-19, Ahli Peringatkan

Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan jenis virus corona yang hidup dalam 36 spesies kelelawar yang ada di Samudera Hindia bagian barat dan daerah terdekat Afrika.

Hasilnya, ilmuwan menemukan berbagai kelompok genus kelelawar dan dalam beberapa kasus tingkat keluarga kelelawar memiliki jenis strain virus yang unik.

Ilmuwan menyimpulkan kelelawar dan virus corona telah berevolusi bersama selama jutaan tahun.

"Kami menemukan ada sejarah evolusi yang mendalam antara kelelawar dan virus corona," kata penulis makalah penelitian ini, Steve Goodman, dari MacArthur Field Biologist di Chicago's Field Museum.