Puasa Kok Tubuh Jadi Lemas? Ini yang Terjadi dengan Tubuh Kita

Kompas.com - 24/04/2020, 12:00 WIB
Ilustrasi badan terasa lemah, lemas saat puasa. ShutterstockIlustrasi badan terasa lemah, lemas saat puasa.

KOMPAS.com - Saat sedang berpuasa, tidak makan dan tidak minum sejak matahari terbit hingga terbenam, kadang membuat tubuh terasa lemas.

Apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh sehingga tubuh orang yang berpuasa cenderung merasa lemas?

Dokter ahli gizi dan magister ilmu filsafat, Dr dr Tan Shot Yen, M.Hum, mengungkap bahwa kegiatan berpuasa yang membuat individu tersebut merasa tubuhnya lemas adalah puasa yang sifatnya hanya fisik saja.

"Kalau cuma puasa fisik, ya lemas," kata Tan kepada Kompas.com, Kamis (23/4/2020).

Baca juga: Saat Puasa, Ahli Gizi Ingatkan Jangan Olahraga Sebelum Berbuka

Tan menjelaskan, puasa fisik yang dimaksudkan adalah orang yang berpuasa tetapi hawa nafsunya terhadap makanan masih terus berjalan.

Orang yang berpuasa secara fisiknya saja cenderung selalu memikirkan menu atau daftar makanan yang akan dilahapnya untuk berbuka puasa.

Menurut Tan, inilah yang menjadi sumber keserakahan hawa nafsu itu muncul, dan melepaskan atau muncul hormon-hormon pemenuhan kenikmatan jasmani seperti dipamin dan serotonin menjadi semakin banyak.

"Kalau cuma sekadar puasa fisik, ya akhirnya cuma nahan-nahan lapar aja. Jadi di kepala yang muter-muter cuma daftar makanan," ujar dia.

Untuk diketahui, hormon dopamin adalah hormon yang mendorong keinginan atau kepuasan secara jasmani bisa terpenuhi.

Dalam kondisi berpuasa, ketika terlalu banyak memikirkan daftar menu makanan atau minuman sepanjang hari berpuasa, hal itu akan membuat tubuh merasa lemas karena pikirannya terkuras, tetapi sulit terpenuhi nafsunya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X