Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Puasa, Ahli Gizi Ingatkan Jangan Olahraga Sebelum Berbuka

Kompas.com - 24/04/2020, 04:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di tengah pandemi corona, penting untuk menjaga kebugaran tubuh meski sedang berpuasa. Meski sedang melakukan ibadah puasa, Anda masih bisa berolahraga. Selain menyehatkan, olahraga juga bisa menambah daya tahan tubuh.

Namun tak sedikit masyarakat yang cenderung berolahraga saat ngabuburit, sambil menunggu adzan maghrib dan waktu berbuka puasa. Padahal, olahraga di waktu tersebut bukanlah pilihan yang tepat.

Hal itu dikatakan oleh okter sekaligus ahli gizi komunitas, dr Tan Shot Yen MHum. 

"Ferrari gak bisa lari sebelum isi bensin. Kebayang nggak, masih defisit kalori, dihajar keluarin kalori? (dengan olahraga sore hari)," kata Tan kepada Kompas.com, Kamis (23/4/2020).

Baca juga: #DiRumahAja karena Corona? Tetap Olahraga Sesuai Patokan Ini

Ungkapan yang diucapkan oleh Tan tersebut dimaksudkan bahwa pada kondisi berpuasa dan menjelang sore hari, tidak sedikit orang yang merasakan tubuh lemas.

Dengan kondisi tubuh lemas itu, tidak ada jenis olahraga yang benar-benar bermanfaat. Sebab, pola makan setelah berolahraga di sore hari kemudian melahap banyak makanan tanpa perhitungan saat berbukapuasa  justru bukanlah pilihan yang tepat.

ilustrasi olahraga dengan kursishutterstock/Lizardflms ilustrasi olahraga dengan kursi

"Paling (olahraga) yang dikeluarkan tubuh misal ya, 100 kkal. Habis itu berbuka kan? Makan hajar-hajaran (sebanyak mungkin), laper kan, minum manis-manis masuk deh 400 kkal sekaligus. Kira-kira ini orang jadi langsing abis puasa, atau makin gembul?" ujar dia.

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Sarapan Sebelum atau Sesudah Olahraga?

Oleh sebab itu, Tan memberikan saran bagi Anda yang tetap ingin melakukan gerakan ringan ataupun berolahraga pada waktu yang tepat.

Saran dari Tan, lakukanlah olahraga sehabis berbuka puasa atau setelah makan malam. Tetapi, upayakan istirahat sebentar setelah makan tersebut. Biarkan makanannya tercerna dahulu dengan baik di dalam perut, setidaknya sekitar 30-40 menit.

Jenis olahraga yang bisa Anda coba lakukan yaitu sepeda statis, treadmill, ataupun cross training.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com