Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Menurunkan Berat Badan, Ini Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari

Kompas.com - 03/11/2020, 13:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis


KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, jalan kaki adalah olahraga paling nyaman dan mudah untuk dilakukan. Berada di luar rumah, menikmati udara pagi, dan berkeringat.

Bahkan kini, banyak orang rutin jalan kaki untuk membantu menurunkan berat badan. Tapi, benarkah jalan kaki efektif membantu kita menurunkan berat badan?

Dr. Amy Lee, Kepala Nutrisi untuk Nucific menjelaskan manfaat jalan kaki untuk kesehatan secara keseluruhan dan apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh, saat Anda jalan kaki setiap hari.

Baca juga: Bagaimana Cara Jalan Kaki untuk Turunkan Berat Badan?

1. Membantu menjaga berat badan

Jika tujuan Anda adalah mempertahankan berat badan dan tetap sehat, jalan kaki setiap hari dapat membantu - terutama jika Anda melakukannya dalam jumlah langkah yang tepat setiap hari,

"Rata-rata, data menunjukkan bahwa ada manfaat bagi kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan jika bisa melakukan 10.000 langkah sehari," kata Dr. Lee.

"Itu setara dengan jarak sekitar 8 km, tergantung panjang kaki dan langkah Anda."

Dr. Lee mengatakan, selalu memakai pedometer dapat membantu mengukur langkah dan membantu mencapai target 10.000 langkah sehari.

"Jarak standar dan jumlah langkah yang dianggap bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran adalah sekitar 10.000 langkah," katanya.

"Ini juga termasuk berjalan dari mobil Anda di tempat parkir, naik dan turun tangga di tempat kerja, atau berkeliling untuk melakukan pekerjaan rumah."

2. Tambah jumlah langkah, jika ingin menurunkan berat badan

Berjalan 10.000 langkah memang bermanfaat untuk menjaga berat badan dan kesehatan secara keseluruhan.

Tetapi, jika Anda ingin benar-benar menurunkan berat badan, penelitian menunjukkan, Anda harus berjalan setidaknya 15.000 langkah sehari. Atau gabungkan beberapa jenis latihan ekstra.

"Sekarang jika Anda berniat menurunkan berat badan, 10.000 langkah tampaknya tidak cukup, Anda harus memasukkan lebih banyak latihan intensitas untuk mengaktifkan otot,"

Selain itu, menurut Dr. Lee, Anda bisa mencoba beberapa trik dalam rutinitas berjalan Anda, sehingga akan mengubahnya menjadi olahraga yang baik:

- Berjalan lebih cepat: "Atur waktu sendiri dan lihat berapa lama Anda biasanya berjalan 10.000 langkah. Kemudian di lain hari coba lakukan jarak yang sama dengan waktu yang lebih sedikit."

- Berjalan lebih bertenaga: "Ayunkan lengan tangan dan lebih intens dengan gerakan tubuh. Kencangkan otot bokong dan ayunkan pinggul. Anda akan terkejut dengan kelompok otot yang Anda aktifkan."

- Berjalan di tanjakan: "Jika Anda selalu berjalan di lingkaran yang sama, di taman atau lingkungan Anda, cobalah untuk menemukan bukit atau lokasi dengan kemiringan lebih tinggi. Dengan begitu, akan meningkatkan kardio Anda."

- Berjalan dengan beban: "Pertimbangkan untuk menambah beban pergelangan tangan atau beban pergelangan kaki, tetapi mulailah dengan 0.5 kg dan kemudian tambahkan lebih banyak seiring berjalannya waktu.”

“Jangan memulai dengan terlalu banyak beban, karena dapat menyebabkan cedera otot, jika tidak terbiasa," imbuh Lee.

- Berjalan lebih jauh: "Jika waktu tidak terbatas, berikan diri Anda lebih banyak waktu untuk menempuh jarak yang lebih jauh."

Baca juga: Dilema Jalan Kaki di Indonesia dan Dampaknya pada Kesehatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com