BMKG: Selama Oktober, Jumlah Siklon Tropis di Indonesia Lebih Banyak

Kompas.com - 03/11/2020, 07:17 WIB
Instrumen MODIS yang terbang di atas satelit Terra NASA memberikan gambar yang terlihat dari Siklon Tropis Nuri yang baru berkembang. Dalam gambar ini menunjukkan sekumpulan badai mengelilingi pusat sirkulasi, dan terletak antara Filipina dan Pulau Hainan, China. NASA / WorldviewInstrumen MODIS yang terbang di atas satelit Terra NASA memberikan gambar yang terlihat dari Siklon Tropis Nuri yang baru berkembang. Dalam gambar ini menunjukkan sekumpulan badai mengelilingi pusat sirkulasi, dan terletak antara Filipina dan Pulau Hainan, China.

KOMPAS.com - Saat ini Siklon tropis Goni yang telah berkembang menjadi siklon tropis kuat kategori 5 diwaspadai.

Siklon tropis ini bisa memicu gelombang tinggi perairan, hujan lebat, dan angin kencang di sejumlah daerah di Indonesia.

Selain itu juga dampak langsung berupa bencana banjir, longsor, dan angin kencang di Filipina.

Siklon tropis Goni terbentuk di Samudera Pasifik barat dan diprediksikan jalur lintasannya menuju Laut China Selatan hingga beberapa hari ke depan setelah melewati Filipina.

Baca juga: Siklon Tropis Saudel Terpantau, Waspada Gelombang Tinggi Capai 4 Meter

Menurut keterangan Deputi Klimatologi BMKG, Herizal dalam keterangan resminya, siklon tropis Goni merupakan siklon tropis ke-3 yang berdampak signifikan bagi sejumlah negara-negara Asia Tenggara di sekitar Laut China Selatan, setelah Siklon tropis Saudel dan Molave.

Menurut catatan BMKG, selama Oktober 2020, telah terjadi 7 siklon di Samudera Pasifik Barat dan Laut China Selatan.

Ini artinya fenomena siklon tropis pada Oktober jauh lebih banyak dari biasanya. Pasalnya, rata rata klimatologis kejadian siklon tropis adalah 3-4 kejadian.

Kejadian siklon tropis yang terjadi pada Oktober antara lain:

  • TC Chan-hom, 2 Oktober 2020
  • TS Linfa, 9 Oktober 2020
  • TS Nangka, 11 Oktober 2020
  • Depresi Tropis Ofel, 13 Oktober 2020
  • TC Saudel, 16 Oktober 2020
  • Depresi Tropis 20 W, 19 Oktober 2020
  • TC Molave, 23 Oktober 2020
  • TC Goni, 27 Oktober 2020
  • TS Atsani, 28 Oktober 2020.

TC adalah tropical cyclone (siklon tropis) sedangkan TS adalah tropical storm ( badai tropis).

Untuk diketahui, keduanya adalah jenis badai tropis namun berbeda tingkatan. Jenis siklon tropis (TC) memiliki luasan pusaran dan kecepatan angin yang lebih kuat daripada jenis tropical storm (TS).

Peralatan BMKG Jambi di kawasan Bandara Sultan Thaha untuk memprakirakan cuaca di Jambi.KOMPAS.COM/JAKA HB Peralatan BMKG Jambi di kawasan Bandara Sultan Thaha untuk memprakirakan cuaca di Jambi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X