Orang Tanpa Gejala dan Bergejala Covid-19 Memiliki Jumlah Virus Sama

Kompas.com - 29/09/2020, 17:30 WIB
Ilustrasi tes Covid-19, deteksi Covid-19, pengujian virus corona. ShutterstockIlustrasi tes Covid-19, deteksi Covid-19, pengujian virus corona.

KOMPAS.com - Meski kini semakin banyak orang tanpa gejala yang terinfeksi Covid-19, nyatanya studi terbaru mengungkap, bahwa jumlah virus yang ada di hidung dan tenggorokan mereka sama dengan pasien terinfeksi Covid-19 dengan gejala.

Para peneliti membandingkan tingkat SARS-CoV-2 pada 213 orang di Korea Selatan yang dites positif terkena virus corona.

Gejala mereka mulai dari tidak tampak gejala hingga parah, termasuk demam, menggigil, nyeri otot, kelelahan, pilek, hidung tersumbat, kehilangan rasa atau bau, sakit tenggorokan, kesulitan menelan, batuk, berdahak, batuk darah, sakit kepala, pusing, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, sakit perut, dan diare.

Baca juga: 5 Informasi Salah tentang Covid-19 dan Faktanya Menurut Sains

Para pasien dirawat di fasilitas perawatan untuk isolasi dan pemantauan.

Melansir WebMD (25/9/2020), sebelum diisolasi - rata-rata enam hari setelah tes usap pertama - 41 pasien (19%) tidak mengalami gejala apa pun.

Sebanyak 39 orang menjalani tes usap hidung dan tenggorokan lagi, rata-rata 13 hari setelah diagnosis awal mereka.

Dari 172 pasien dengan gejala ringan, 144 juga diuji ulang. Analisis akhir melibatkan 183 pasien secara keseluruhan.

Penelitian yang telah dipublikasikan secara online pada 22 September di jurnal Thorax ini menemukan, 54% orang tanpa gejala dinyatakan positif SARS-CoV-2, begitu pula 64% dari mereka juga dinyatakan positif dengan gejala ringan.

Dari pantauan peneliti, tak ada perbedaan yang bermakna dalam jumlah virus antara kedua kelompok.

Baca juga: Kematian Akibat Covid-19 Tembus 1 Juta, Ini Bedanya dengan Pandemi Lain

Halaman:


Sumber WebMD
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X