Seorang Pria Alami Gejala Parkinson Setelah Terinfeksi Covid-19

Kompas.com - 24/09/2020, 11:01 WIB
Ilustrasi pasien virus corona, pasien Covid-19 SHUTTERSTOCK/FunKey FactoryIlustrasi pasien virus corona, pasien Covid-19

KOMPAS.com - Sebuah studi kasus di The Lancet Neurology, mengungkap seorang pria tampak mengembangkan gejala yang mirip dnegan penyakit Parkinson, tak lama setelah dirinya terinfeksi Covid-19.

Sebelumnya, berbagai virus memang telah dikaitkan dengan penyakit Parkinson, seperti virus influenza A dan Epstein-Barr. Namun, ini adalah pertama kalinya tercatat dikaitkan dengan Covid-19.

Pasien tersebut adalah seorang pria berusia 45 tahun dari Ashdod, Israel. Ia dirawat di Rumah Sakit Universitas Samson Assuta Ashdod dengan gejala khas Covid-19, termasuk kehilangan penciuman, batuk kering, dan nyeri otot.

Baca juga: CDC: Ibu Hamil yang Terinfeksi Covid-19 Berpotensi Melahirkan Prematur

Setelah dinyatakan positif terinfeksi virus corona, dia dirawat di rumah sakit selama 3 hari, sebelum diisolasi di fasilitas Covid-19 selama 3 minggu, kemudian setelah itu dia dinyatakan negatif dan boleh pulang.

Namun, setelahnya, pria tersebut memerhatikan tangannya bergetar dan kemampuan menulisnya menurun.

Melansir IFL Science (22/9/2020), setelah dua bulan mendapatkan perawatan di Departemen Neurologi, di mana ia harus melakukan beberapa tes, hasilnya ditemukan ia memiliki fungsi kognitif yang normal.

Meskipun demikian, pria tersebut masih terus mengalami tremor pada tangannya dan gejala lain yang berhubungan dengan Parkinson.

Ia akhirnya didiagnosis dengan parkinsonisme (kondisi apa pun yang menyebabkan kelainan gerakan mirip Parkinson).

Sejak itu, kondisinya semakin menurun dan tulisan tangannya semakin tidak terbaca. Ia mengalami tremor ekstrem di sisi kanannya dan berkurangnya kemampuan mengekspresikan wajah (hipomimia).

Gejala Covid-19 termasuk kehilangan penciuman, atau anosmia, yang biasanya mendahului penyakit Parkinson, tetapi ini pertama kalinya seseorang mengembangkan parkinsonisme akibat infeksi Covid-19.

Baca juga: Makanan di China Terpapar Virus Corona, Bisakah Menularkan Covid-19?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X