Makanan di China Terpapar Virus Corona, Bisakah Menularkan Covid-19?

Kompas.com - 21/09/2020, 11:03 WIB
ilustrasi makanan beku shutterstockilustrasi makanan beku

KOMPAS.com - Pihak berwenang di Provinsi Jilin, China, menemukan virus corona SARS-CoV-2 di kemasan cumi-cumi impor.

Pada hari Minggu (20/9/2020), otoritas kesehatan di Kota Fuyu mengatakan, salah satu paket tiba di kota melalui Provinsi Changchun, China.

Pihaknya mendesak siapa pun yang telah membeli dan makan cumi impor dari tanggal 24-31 Agustus 2020 untuk melapor ke otoritas lingkungan setempat dan dites Covid-19.

Dilansir Reuters, Minggu (20/9/2020), kantor pencegahan Covid-19 Changchun mengatakan, cumi-cumi itu diimpor dari Rusia oleh perusahaan di Kota Hunchun dan dibawa ke ibu kota provinsi.

Baca juga: Virus Corona Dapat Bertahan di Ikan Salmon Beku Seminggu Lebih

Bea Cukai China mengatakan pada Jumat (18/9/2020) bahwa mereka akan menangguhkan impor dari perusahaan selama seminggu jika produk makanan beku dinyatakan positif virus corona dan selama sebulan jika produk pemasok dinyatakan positif untuk ketiga kalinya atau lebih.

Pada Agustus, otoritas lokal di dua kota di China mengatakan, mereka telah menemukan jejak virus pada kargo makanan beku impor.

Bisakah tertular Covid-19 dari makanan kemasan?

Kemudian, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, sejauh ini tidak ada bukti Covid-19 yang dapat disebarkan melalui makanan atau kemasan.

Kendati demikian, para ahli mengungkap secara teori sangat mungkin kita terpapar Covid-19 dari kemasan makanan.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, studi yang dilakukan di laboratorium menunjukkan, virus corona bisa bertahan selama beberapa jam di beberapa bahan kemasan, seperti karton dan berbagai jenis plastik.

Terlebih lagi, sebagian besar makanan kemasan diangkut dan disimpan dalam suhu rendah, yang memungkinkan virus lebih stabil saat bertahan di suhu yang lebih rendah.

Halaman:


Sumber Reuters,BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X