Mengapa Perlu Uji Klinis Vaksin Corona pada Anak, Ini Penjelasan Dokter Pediatrik

Kompas.com - 24/09/2020, 10:03 WIB
Ilustrasi uji klinis vaksin corona pada anak. Dokter pediatrik menilai uji vaksin Covid-19 pada anak juga perlu segera dimulai. SHUTTERSTOCK/Tatevosian YanaIlustrasi uji klinis vaksin corona pada anak. Dokter pediatrik menilai uji vaksin Covid-19 pada anak juga perlu segera dimulai.


KOMPAS.com- Warga Amerika Serikat yang terinfeksi Covid-19 telah mencapai lebih dari 7 juta orang, dengan angka kematian mencapai lebih dari 200.000 orang.

Di tengah kritisnya angka infeksi di negara ini, sekelompok dokter spesialis penyakit menular pediatrik menyerukan uji vaksin corona pada anak-anak.

Seperti dikutip dari CNN, Kamis (24/9/2020), saat ini terdapat tiga uji coba skala besar vaksin corona untuk orang dewasa, namun belum ada yang dimulai pada anak-anak.

Hal itu disampaikan beberapa dokter dalam sebuah komentar di jurnal medis Clinical Infectious Diseases pada Jumat pekan lalu.

Baca juga: Ilmuwan Inggris Uji Vaksin Corona dengan Cara Dihirup

 

"Meskipun segala sesuatu (pengembangan vaksin) bergerak dengan cepat pada orang dewasa, yang belum pernah terjadi sebelumnya, namun kita belum membuat terobosan untuk memulai uji coba pediatrik," kata Dr. Buddy Creech, spesialis penyakit menular pediatrik di Vanderbilt University, salah satu penulis komentar dalam jurnal tersebut.

Daripada hanya menunggu efektivitas vaksin pada orang dewasa, Creech menilai perlu segera dimulai uji coba vaksin corona pada anak.

"Setidaknya mari mengevaluasi vaksin pada remaja dan usia ke bawah, sehingga kita mendapatkan informasi yang baik tentang dosis vaksin, hingga potensi efektivitas dari vaksin corona ini," kata Creech.

Juru bicara vaksin corona yang dikembangkan Pfizer mengungkapkan saat ini, perusahaan ini sedang dalam tahap terakhir uji coba vaksinnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X