Kompas.com - 20/09/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi asam lambung Emily FrostIlustrasi asam lambung

KOMPAS.com - Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux sebenarnya bisa diobati dengan mengubah gaya hidup. 

Ketika mengalami sakit tenggorokan, banyak orang mengira bahwa akan mengalami flu biasa atau akibat dari masuk angin. Tentunya hal ini sudah lazim bagi masyarakat Indonesia.

Namun jika hal ini berangsur lama, mungkin bukan karena flu atau masuk angin. Hal ini mungkin karena katup stringfer esofagus bagian bawah tidak menutup sepenuhnya.

Otot itulah yang mengontrol jalan antara kerongkongan dan lambung.

Ketika katup tidak menutup sepenuhnya, asam lambung dan makanan akan mengalir kembali ke kerongkongan.

Istilah medis untuk proses ini disebut gastroesophageal reflux, yaitu saat asam lambung naik ke tenggorokan.

Baca juga: Daftar Makanan Terbaik untuk Asam Lambung dan yang Harus Dihindari

Dilansir dari Health Harvard, (10/9/2019), ketika asam lambung naik ke tenggorokan hal ini bisa menyebabkan sakit tenggorokan dan suara serak dan mungkin bisa meninggalkan rasa yang aneh di mulut.

Ketika refluks asam menghasilkan gejala kronis, kondisi ini dikenal sebagai gangguan refluks gastroesofagus, atau GERD (asam lambung).

Gejala GERD yang paling umum adalah mulas, nyeri di perut bagian atas dan dada yang terkadang terasa seperti serangan jantung.

"Tiga kondisi saat membersihan makanan atau asam yang buruk dari kerongkongan, terlalu banyak asam di perut, dan pengosongan perut yang tertunda berkontribusi pada asam lambung yang bisa naik ke tenggorokan," kata Dr. Jacqueline Wolf, seorang ahli gastroenterologi dan profesor kedokteran di Harvard Medical School.

Untuk mencegah asam lambung naik, ini 9 cara yang bisa Anda lakukan:

1. Makan perlahan

Saat perut sangat penuh, risiko terjadi asam lambung naik ke kerongkongan lebih besar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X