Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seminggu Tewaskan 50.000 Orang, WHO Ingatkan Lonjakan Kasus Covid-19

Kompas.com - 20/09/2020, 12:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan, kasus virus corona bisa melonjak saat musim dingin dan ini tak akan hilang dengan mudah.

Pernyataan ini diungkap setelah ada sekitar 50.000 orang tewas karena Covid-19 dalam seminggu.

"Ini bukan situasi yang kami inginkan," ujar Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO Mike Ryan dalam konferensi pers di kantor pusat WHO di Jenewa, Swiss seperti dilansir CNBC, Jumat (18/9/2020).

Para pejabat WHO melihat tren peningkatan kasus Covid-19 yang mengkhawatirkan.

Baca juga: CDC: Siapa Pun yang Pernah Kontak dengan Pasien Covid-19 Wajib Dites

Banyak negara, termasuk kawasan di belahan bumi utara dan banyak negara berkembang pun tengah mempersiapkan ICU dan rawat inap yang lebih banyak untuk menghadapi pelonjakan kasus itu.

"Ini bukan situasi yang diinginkan, di mana belahan bumi utara sedang memasuki musim dingin. Situasi ini juga tidak diinginkan negara berkembang dengan layanan kesehatan di bawah tekanan selama sembilan bulan terakhir," imbuh Ryan.

Ryan menyebut, virus corona SARS-CoV-2 masih akan bertahan lama di bumi.

"Itu (Covid-19) tidak akan hilang, terutama bagi negara-negara yang mulai memasuki musim dingin dan banyak orang lebih sering berkumpul dalam ruangan yang sama," kata Ryan.

Dia menyampaikan, ada banyak hal yang harus dilakukan untuk menghindari lonjakan kasus, menurunkan penularan Covid-19, melindungi pembukaan sekolah, dan melindungi kelompok paling rentan di masyarakat dari penyakit parah dan kematian.

Pejabat kesehatan Eropa telah memperingatkan sejak beberapa minggu lalu tentang peningkatan jumlah kasus Covid-19.

Lebih dari separuh negara Eropa telah melaporkan peningkatan kasus hingga 10 persen atau lebih dalam dua minggu terakhir.

"Dan beberapa (negara Eropa) telah melaporkan peningkatan kasus hingga dua kali lipat," ujar direktur regional WHO untuk Eropa, Dr. Hans Kluge dalam jumpa pers hari Kamis (17/9/2020).

Di AS, pejabat kesehatan setempat melaporkan rata-rata kasus harian baru Covid-19 mencapai 39.000.

Ilustrasi obat-obatan steroid. WHO telah merekomendasikan penggunaan obat steroid untuk pengobatan pasien Covid-19 dengan sakit parah dan kritis.SHUTTERSTOCK/PCPartStudio Ilustrasi obat-obatan steroid. WHO telah merekomendasikan penggunaan obat steroid untuk pengobatan pasien Covid-19 dengan sakit parah dan kritis.

Kasus Covid-19 tumbuh lebih dari 5 persen berdasarkan rata-rata mingguan AS, setidaknta di 34 negara bagian termasuk Washington DC.

Pejabat kesehatan AS khawatir pandemi Covid-19 bisa menjadi lebih buruk ketika memasuki musim gugur dan musim dingin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com