Studi Membuktikan, Sukun Berpotensi Jadi Superfood Berikutnya

Kompas.com - 20/09/2020, 11:04 WIB
Ilustrasi sukun ShutterstockIlustrasi sukun

KOMPAS.com - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of British Colombia mengungkapkan jika sukun bisa jadi merupakan makanan super atau super food berikutnya.

Hal tersebut terungkap setelah tim peneliti melakukan studi terhadap tanaman yang tumbuh melimpah di negara-negara tropis dan Pasifik Selatan tersebut.

Seperti dikutip dari Phys.org, Sabtu (19/9/2020) buah sukun bisa dimakan saat matang atau bisa dikeringkan dan digiling menjadi tepung yang bisa digunakan kembali untuk berbagai jenis makanan.

Sayangnya meski sudah lama dimanfaatkan, belum banyak pengetahuan ilmiah dasar mengenai dampak kesehatan pada manusia dengan pola makan berbasis sukun.

Baca juga: Pohon Asal Australia Ini Beracun dan Bisa Sebabkan Sakit Berhari-hari

" Sukun adalah tanaman pokok dari kepulauan Pasifik dan memiliki potensi untuk meningkatkan keamanan pangan di seluruh dunia," ungkap Susan Murch, peneliti dari British Colombia.

Dalam studinya, para peneliti menganalisis empat buah sukun yang sudah berbentuk tepung dari pohon yang berasal dari Hawaii. Salah satu penelitian yang dilakukan adalah untuk memeriksa indeks glikemik sukun.

Selanjutnya, para peneliti mempelajari pencernaan dan dampak kesehatan dari pola makan berbahan sukun dengan cara memberikannya pada tikus dan menggunakan model pencernaan enzim.

"Tujuan dari penelitian kami saat ini adalah untuk menentukan apakah diet yang mengandung sukun menimbulkan masalah kesehatan yang serius," papar Yin Liu, pemimpin penelitian dalam studi ini.

Baca juga: Menoleh Kembali ke Makanan Lokal yang Tersingkir oleh Beras

Hasilnya, pada model pencernaan enzim, para peneliti menemukan bahwa protein sukun lebih mudah dicerna daripada protein gandum.

Sementara itu, tikus dengan diet sukun memiliki tingkat pertumbuhan dan berat badan yang jauh lebih tinggi dibandingkan tikus yang diberi diet standar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber PHYSORG
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X