Kompas.com - 05/09/2020, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Ahli mengingatkan, pasien Covid-19 yang tidak menunjukkan gejala penyakit tetap harus waspada, terutama pada kondisi silent hypoxemia atau yang dikenal masyarakat happy hypoxia.

Ketua Umum Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto mengatakan, pasien yang saat ini terinfeksi Covid-19 tapi tidak menunjukkan gejala harus tetap melakukan pemeriksaan menyeluruh.

"Pemeriksaan untuk menentukan derajatnya (keparahan). Supaya bener-bener tahu, pasien itu derajatnya tidak ada gejala, ringan, sedang, berat atau kritis," kata Agus kepada Kompas.com, Kamis (3/9/2020).

Saat didiagnosis mengidap Covid-19, pasien memerlukan pemeriksaan tambahan, terutama pemeriksaan laboratorium.

Baca juga: Apa Itu Happy Hypoxia, Kematian Tanpa Gejala Pasien Corona?

Pemeriksaan laboratorium yang harus dilakukan ada dua.

Pertama, pemeriksaan kadar oksigen dalam darah pasien rendah atau tidak. Kedua, pemeriksaan CT Scan atau rontgen untuk melihat ada pneumonia atau tidak.

Begitu ada kelainan pneumonia - meski tidak ada gejala -, pasien seharusnya dimasukkan ke dalam kategori terinfeksi gejala sedang.

"Meskipun orangnya merasa tidak ada gejala," kata dia.

Agus menjelaskan bahwa ketika pasien mengaku tidak merasakan gejala Covid-19 tapi hasil rontgen menunjukkan ada pneumonia, maka dia tiadk bisa dikategorikan sebagai pasien tanpa gejala atau asimptomatik.

Hal yang sama juga berlaku bagi pasien yang tidak menunjukkan gejala tapi hasil laboratorium menunjukkan ada hipoksemia. Dalam keadaan ini, seharusnya masuk dalam kategori pasien dengan gejala sedang atau berat.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.