Kompas.com - 02/09/2020, 07:06 WIB
Ilustrasi kecoak. Hewan tertua yang pernah hidup di zaman dinosaurus. Ilustrasi kecoak. Hewan tertua yang pernah hidup di zaman dinosaurus.

KOMPAS.com - Di antara banyak serangga, salah satu hewan yang paling dibenci dan ditakuti oleh manusia adalah kecoak.

Padahal, serangga kecil ini telah ada di Bumi sejak zaman dinosaurus, dan sukses beradaptasi untuk hidup berdampingan dengan manusia.

Dilansir dari Time, 13 Juli 2016, Jeffrey Lockwood yang merupakan seorang profesor ekologi di University of Wyoming berkata bahwa respons kita terhadap kecoak tidak rasional jika dibandingkan dengan risiko bahayanya.

Lockwood mengakui bahwa dari sekitar 4.600 spesies kecoak di seluruh dunia, memang ada beberapa yang membawa alergen, seperti pemicu asma.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Kenapa Kecoak Bisa Hidup Tanpa Kepala?

Kecoak juga bisa membawa bakteri penyebab penyakit, meskipun hewan ini jarang menjadi penyebab utama sebuah wabah.

Akan tetapi, jika diranking, sebetulnya kecoak adalah serangga yang kemungkinannya untuk melukai manusia tergolong rendah.

"Anda bisa berargumen bahwa nyamuk adalah hewan paling mematikan di dunia, di samping manusia. Namun kita tidak merespons nyamuk sebagaimana kita merespons kecoak," ujar Lockwood.

Menurut dia, kebencian kita terhadap kecoak adalah kombinasi dari binaan dan bawaan.

Lockwood berkata bahwa anak-anak kecil punya kecenderungan untuk mendekat ketika melihat serangga. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, mereka diajari bahwa kecoak dan serangga-serangga lainnya adalah pembawa penyakit yang harus dimusnahkan.

Baca juga: Seri Hewan Nusantara: LIPI Temukan Kecoak Laut Raksasa di Selat Sunda

Hal ini diperburuk dengan karakteristik kecoak yang memang memicu refleks takut dan jijik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Time
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X