Serba-serbi Hewan: Kenapa Kecoak Bisa Hidup Tanpa Kepala?

Kompas.com - 16/08/2020, 17:02 WIB
Ilustrasi kecoak. Hewan tertua yang pernah hidup di zaman dinosaurus. Ilustrasi kecoak. Hewan tertua yang pernah hidup di zaman dinosaurus.

KOMPAS.com - Banyak orang di dunia takut dan geli saat melihat kecoak.

Ditambah lagi, serangga kecil berwarna kecokelatan ini sangat ulet. Kecoak juga sering disebut sebagai yang paling mungkin selamat dari perang nuklir.

Beberapa pakar bahkan mengatakan makhluk ini bisa hidup tanpa kepala.

Ya, ini adalah fakta. Terkadang, kecoak dapat hidup tanpa kepala selama berminggu-munggu.

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana mereka melakukannya?

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Sering Curi Cermin, Benarkah Monyet Suka Becermin?

Ahli fisiologi dan ahli biokimia Joseph G. Kunkel dari Universitas Massachusetts Amherst yang mempelajari perkembangan kecoa mengatakan, untuk memahami kenapa kecoak dan beberapa serangga lain bisa hidup tanpa kepala, ada baiknya kita memahami kenapa manusia tidak bisa hidup tanpa kepala.

Pertama, saat kepala manusia dipenggal akan mengakibatkan kehilangan banyak darah dan penurunan tekanan darah. Ini menghambat pengangkutan oksigen dan nutrisi ke jaringan vital.

"Anda akan mati kehabisan darah," kata Kunkel.

Selain itu, manusia bernapas melalui mulut atau hidung, dan otak mengontrol fungsi penting tersebut. Ketika manusia tidak memiliki kepala, pernapasan otomatis akan terhenti.

Kecoak tidak memiliki jenis sistem peredaran darah yang sama dengan manusia.

Agar darah dapat mengalir melalui jaringan pembuluh darah manusia yang luas, dan terutama melalui pembuluh kapiler kecil, tekanan yang cukup harus dijaga.

Sistem pembuluh darah kecoak jauh lebih luas dan tidak memiliki kapiler kecil, catat Kunkel, sehingga tekanan bisa jauh lebih rendah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X